by

Jerman Pesta Gol 9-0 ke Gawang Liechtenstein

Jakarta: Timnas Jerman sukses membantai Liechtenstein dengan skor telak 9-0 dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup J di Volkswagen Arena, Wolfsburg, Jumat (12/11/2021).

9 gol kemenangan Jerman masing-masing di cetak Ilkay Gündogan melalui tendangan penalti di menit 11′, gol bunuh diri Daniel Kaufmann di menit 20′, dua gol di cetak Leroy Sané di menit 22′, dan menit ke-49′, dan lima gol lainnya di cetak Marco Reus menit 23′, Thomas Müller menit ke-76′ dan di menit 86′, Ridle Baku di menit ke-80′, dan gol bunuh diri Maximilian Göppel di menit 89′.

Adapun satu kartu merah dari Liechtenstein Jens Hofer di menit ke-9′.

Jerman langsung menunjukkan dominasi mereka atas Liechtenstein dengan menguasai jalannya pertandingan. Baru 10 menit pertandingan berjalan, Liechtenstein harus bermain dengan 10 pemain, setelah Jens Hofer mentapat kartu merah.

Pelanggaran horor Jens Hofer di kotak terlarang kepada Leon Goretzka berbuah hadiah penalti bagi Jerman. Ilkay Gundogan yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa Jerman unggul 1-0.

Menit ke-19, Ilkay Gundogan hampir menggandakan keunggulan Jerman, jika sundulannya tak membentur mistar gawang.

Petaka datang bagi Liechtenstein semenit kemudian saat Daniel Kaufmann mencetak gol bunuh diri. Keunggulan Jerman berubah menjadi 3-0, saat Leroy Sane mencetak gol ketiga pada menit ke-22.

Jerman tak memberi ampun, pada menit ke-24 skor telah berubah menjadi 4-0, saat Marco Reus mencetak gol kemelut di depan gawang. Setelah gol keempat, tempo pertandingan kedua tim sedikit menurun.

Menit ke-38 Jerman mendapat peluang emas mencetak gol, namun Ilkay Gundogan gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Hingga peluit panjang tanda pertandingan babak pertama berakhir, skor 4-0 untuk Jerman masih belum berubah.

Di babak kedua, Jerman kembali mengontrol jalannya laga. Pada menit ke-49, Sane kembali mencetak gol. Kali ini ia memanfaatkan assist dari Reus. 5-0.

Jerman kemudian terus mengancam gawang lawan. Namun beberapa peluang mereka masih belum menghasilkan gol lagi. Salah satunya juga kembali menghantam tiang gawang.

Namun pada menit ke-76, Jerman kembali bisa menjebol gawang Liechtenstein dari situasi kemelut usai sepak pojok. Kali ini melalui Thomas Mller, memanfaatkan assist Florian Neuhaus. 6-0.

Pada menit ke-80, Jerman kembali mencetak gol. Kali ini melalui tendangan terarah Baku, usai mendapat umpan dari Reus. 7-0.

Pesta gol Jerman tak berhenti. Pada menit ke-86, Muller kembali mencatatkan namanya di papan skor. Ia memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Reus.

Menit ke-89, derita Liechtenstein bertambah. Maximilian Goppel mencetak gol bunuh diri. Ia salah mengantisipasi umpan silang rendah Baku. 9-0. Gol tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini.

Dengan kemenangan telak ini, Jerman makin mengukuhkan posisinya di pucuk klasemen Grup J dengan koleksi 24 poin dari sembilan laga. Sementara Liechtenstein terpuruk di dasar klasemen dengan koleksi satu angka saja.

Susunan Pemain:

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Jonas Hofmann, Thilo Kehrer, Antonio Rudiger, Christian Gunter; Leon Goretzka, Ilkay Gundogan; Ridle Baku, Marco Reus, Leroy Sane; Thomas Muller.

Pelatih: Hansi Flick

Liechtenstein (3-5-2): Benjamin Buchel; Andreas Malin, Daniel Kaufmann, Jens Hofer; Sandro Wolfinger, Aron Sele, Noah Frommelt, Nicolas Hasler, Maximilian Goppel; Dennis Salanovic, Yanik Frick.

Pelatih: Martin Stocklasa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *