Apakah penderita asam urat ginjalnya rusak?

Jakarta – gangguan atau masalah ginjal yang sudah ada juga bisa mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

Hal itu karena ginjal adalah organ tubuh yang berperan mengendalikan kadar asam urat dalam batas normal yaitu 7,0 mg/dl pada pria dan 6,0 mg/dl untuk wanita.

Dikutip dari laman Universitas Airlangga, ginjal mengatur pembuangan asam urat dari tubuh melalui urine.

Namun, masalah pembuangan bisa mengakibatkan kenaikan kadar uric acid atau yang disebut hiperurisemia.

Pembuangan asam urat dapat terganggu akibat penurunan proses filtrasi ginjal di glomerulus ginjal, penurunan ekskresi dalam tubulus ginjal dan peningkatan absorpsi kembali.

Itu sebabnya, kita perlu melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui kondisi organ tubuh, termasuk ginjal.

Selain itu untuk mengontrol kada asam urat, pastikan membatasi makanan tinggi purin, seperti konsumsi jeroan atau daging organ, daging merah, sarden, emping melinjo, ikan teri, kudapan manis, dan minuman beralkohol.

Dilansir dari Yankes Kemkes, Anda juga perlu menjalankan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Apabila sudah bergejala, maka pengobatan penyakit asam urat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah timbulnya komplikasi terutama ke organ vital seperti ginjal.

Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui obat-obatan yang pas guna mengatasi keluhan akibat serangan asam urat, seperti nyeri sendi, pembengkakan, serta masalah lainnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *