Apakah Boleh Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari? Berikut Penjelasannya

Jakarta – Minum kopi dapat membantu Anda untuk menghindarkan dari rasa kantuk dan membuat tubuh lebih berenergi. Namun, apakah boleh minum kopi tanpa gula setiap hari?

Ternyata, minum kopi tanpa gula setiap hari cenderung aman untuk kesehatan.

Bahkan, minum kopi tanpa gula memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko Alzheimer, kanker, dan sirosis hati.

Namun, Anda yang sensitif terhadap kafein perlu membatasi asupan kopi yang diminum per hari untuk mengurangi efek samping yang akan muncul.

Untuk itu, simak penjelasan dan manfaat minum kopi tanpa gula berikut ini.

Dilansir dari Cleveland Clinic, minum kopi tanpa gula setiap hari dinilai aman dan justru dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Batas minum kopi per hari yang disarankan adalah kurang dari 400 miligram (mg) atau sekitar empat cangkir kopi.

Hands Free Sneakers, Extra Wide Shoes, Pain Relief Technology, Supportive Insole, Men’s Sneakers | Orthofeet Ex Wide Shoes, Tilos, 8 / Wide / Gray
Orthofeet
Hands Free Sneakers, Extra Wide Shoes, Pain Relief Technology, Supportive Insole, Men’s Sneakers | Orthofeet Ex Wide Shoes, Tilos, 8 / Wide / Gray
Ad
Meskipun begitu, Anda diimbau untuk membatasi asupan kafein per hari karena ada beberapa efek samping yang akan dirasakan.

Anda yang lebih sensitif terhadap kafein dapat mengalami rasa tidak nyaman setelah minum kopi, seperti jantung berdebar dan mual.

Para wanita yang ingin atan sedang hamil juga diimbau untuk membatasi asupan kafein yang dikonsumsi per hari atau tidak lebih dari 200 mg.

Pasalnya, kopi yang dikonsumsi dapat memberikan efek tertentu pada kesehatan kandungan sehingga tidak baik untuk janin.

Baca juga: Berapa Gelas Kopi Sehari yang Aman bagi Kesehatan?

Manfaat minum kopi tanpa gula
Minum kopi tanpa gula ternyata dapat memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan.

Melansir WebMD, ada beberapa manfaat minum kopi tanpa gula yang akan didapatkan, seperti:

Mengontrol berat badan karena dapat menurunkan nafsu makan, khususnya ketika diminum 30 menit hingga empat jam sebelum makan
Memahami apakah boleh minum kopi tanpa gula setiap hari sangatlah penting karena ternyata kebiasaan ini justru memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan.

Meskipun begitu, asupan kopi per hari perlu dibatasi karena dapat menimbulkan efek samping tertentu pada kesehatan.

Anda yang lebih sensitif terhadap kafein dan memiliki kondisi medis tertentu perlu memperhatikan jumlah kopi yang diminum sehingga tidak memicu masalah kesehatan yang lebih serius.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *