by

Ini 3 Alasan WHO Berikan Pengunaan Vaksin Booster

Jakarta: Vaksin booster atau disebut vaksin ketiga COVID-19 dianggap penting untuk meningkatkan antibodi secara penuh agar terhindar dari virus corona SARS-CoV-2.

Namun, hingga saat ini terkait vaksin booster ini masih menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat. Di Indonesia, saat ini pemberian vaksin booster hanya diperuntukkan kalangan tenaga kesehatan (nakes).

Mengutip dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemilihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Senin (25/10/2021), Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut vaksin dosis ketiga memang diperlukan jika seseorang mengalami mengalami tiga hal berikut:

1. Kinerja vaksin Bila kinerja vaksin kurang atau tidak memadai terhadap beberapa varian kekhawatiran yang muncul.

Fakta: Vaksin Covid-19 saat ini mampu bertahan sangat baik menghadapi spektrum penyakit yang parah dari varian-varian yang ada. Secara umum vaksin berkinerja sangat baik.

2. Jika tubuh tidak merespons Bila tubuh tidak merespon secara memadai misalnya memiliki gangguan kekebalan terhadap dua dosis pertama yang diterima.

Fakta: Terdapat orang yang memiliki kondisi immunocompromised (gangguan sistem imun) serius dan tidak bisa menerima dengan baik dua dosis Covid-19. Sehingga butuh booster dengan beberapa pertimbangan lain.

3. Waktu kekebalan Bila seiring waktu, kekebalan yang terbentuk karena mulai berkurang, memburuk atau turun.

Fakta: Bukti saat ini tunjukan vaksin bertahan dengan sangat baik untuk melindungi dari penyakit parah, rawat inap, atau bahkan kematian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *