by

Jelang Libur Akhir Tahun, Pemerintah Galakkan 3T

Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto membahas upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi libur akhir tahun ini supaya tidak terjadi gelombang ketiga Pandemi Covid-19.

“Mendekati libur akhir tahun ini pemerintah terus menggalakkan aturan mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat dan fokus pada pencegahan melalui gerakan 3T (Test, Tracing, Treatment),” ungkap Agus dalam keterangannya, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut, Agus menerangkan, pemerintah pun juga ikut membantu para dokter dalam melakukan penanganan pandemi ini. Menurut Agus terdapat tiga program yang dijalankan oleh pemerintah pada saat ini.

“Secara keseluruhan terdapat tiga program yang telah dijalankan oleh pemerintah untuk penanganan pandemi Covid-19 yaitu penanganan pada Covid-19 itu sendiri yang saat ini mengarah kepada endemi, kedua penanganan dampak sosial dengan mempertahankan masyarakat supaya tidak kehilangan pekerjaannya dan ketiga penanganan di bidang ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari,” jelas Agus.

Menurutnya, para dokter sudah paham betul dengan pola pencegahan Covid-19 dan bahkan hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Karena sudah tertanam di dalam dirinya saat melayani masyarakat yang sakit dan sebagai contoh di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan Agus, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng Fiqih, menjelaskan cara pemerintah untuk dapat menangani Pandemi Covid-19 ini. Yaitu dengan mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Kemudian percepatan vaksinasi hingga lebih dari 70% di seluruh Indonesia perlu dilakukan, memperkuat testing dan contact tracking kepada masyarakat, dan yang terakhir yaitu menjaga pintu masuk transportasi baik darat, laut, maupun udara dari para pendatang mancanegara,” kata Daeng.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *