Jenis Makanan yang Bisa Picu Penyakit Autoimun

Jakarta – penyakit autoimun sudah ada di tubuh manusia dan kehadirannya dapat dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan?.

ini Jenis makanan pemicu penyakit autoimun
Berikut 7 jenis makanan pemicu penyakit autoimun yang harus dikurangi konsumsinya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Semua kacang-kacangan dan biji-bijian serta makanan yang berasal darinya dapat memicu penyakit autoimun jika dikonsumsi berlebihan. Healthline mengungkapkan berbagai jenis biji-bijian ini diantaranya beras, gandum, oat, barley, rye, serta makanan turunannya, seperti pasta, roti, dan sereal.

Untuk kacang-kacangan terdiri atas lentil, buncis, kacang polong, kacang tanah, serta makanan turunannya, seperti tahu, tempe, daging tiruan, atau selai kacang.

Bahan olahan produk kacang-kacangan dan biji-bijian seperti tepung, mentega, atau minyak juga harus dihindari. Termasuk rempah-rempah berbahan dasar kakao dan biji-bijian, seperti ketumbar, jinten, adas manis, adas, fenugreek, mustard, dan pala.

2. Gluten
Sebagai salah satu olahan produk kacang-kacangan dan biji-bijian, konsumsi gluten secara berlebihan harus dihindari. Konsumsi gluten secara berlebih dapat membuat imun mengalami error.

Accor Indonesia – Suited for Business & Leisure – Experience The World
hotelF1
Accor Indonesia – Suited for Business & Leisure – Experience The World
Ad
Iris menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi, justru bereaksi dengan gluten dan dapat menyerang lapisan usus halus. Iris pun menyarankan untuk mengkonsumsi makanan bebas gluten. “Ganti oatmeal atau makanan lainnya dengan yang bebas gluten,” saran dr. Iris.

3. MSG
Penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) secara berlebih pada makanan juga dapat menyebabkan autoimun loh, Bun! Hal ini karena MSG mengandung pengawet dan protein yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengalami error. Untuk menghindari resiko autoimun, mulai kurangi penggunaan MSG secara berlebihan pada makanan ya.

4. Produk susu
Produk susu dari berbagai hewan ternak seperti susu sapi, kambing, atau domba dapat memicu penyakit autoimun. Juga termasuk produk olahan susu yaitu krim, keju, mentega, atau ghee.

Bubuk protein berbahan dasar susu atau suplemen lain yang mengandung susu juga harus dihindari, bahkan ‘haram’ dikonsumsi oleh penderita autoimun, sebagaimana dikutip Healthline.

5. Telur
Masih dari produk hewan ternak, telur juga dapat memicu penyakit autoimun. Konsumsi telur utuh, putih telur, atau makanan yang mengandung telur secara berlebihan dapat meningkatkan resiko terserang autoimun.

6. Alkohol dan kopi
Dua jenis minuman ini lazim dikonsumsi secara berlebihan. Melihat kandungan keduanya, minuman tersebut dapat membuat tubuh resisten terhadap imun, sehingga memicu imun untuk menyerang tubuh. Untuk menghindari penyakit autoimun, hindari konsumsi alkohol dan kopi secara berlebihan.

7. Minyak nabati olahan
Jenis makanan terakhir adalah minyak nabati olahan, diantaranya minyak kanola, lobak, jagung, biji kapas, inti sawit, safflower, kedelai, atau bunga matahari. Produk minyak olahan ini memicu autoimun pada konsumsi yang besar. Maka, kurangi penggunaan makanan tersebut ya, Bun!

Meskipun penyakit autoimun sejatinya ada dalam setiap tubuh, penting untuk kita menjaga dan menyeleksi makanan yang dikonsumsi. Berbagai makanan pemicu autoimun di atas dapat menjadi bumerang jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, jangan sepelekan, ya Bunda.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *