Ini Buah yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Jakarta – Seseorang yang mengalami diabetes tentunya harus memperhatikan makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Sembarangan konsumsi makanan dan minuman, ditakutkan penderita diabetes mengalami lonjakan kadar gula darah.

Minuman yang baik bagi penderita diabetes seperti jus buah. Tentunya jus buah sangat bermanfaat untuk keseahtan.

Penyebab diabetes bukan hanya konsumsi gula berlebih, ternyata konsumsi garam dan lemak berlebih bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes.

Melansir Serambinews dari laman Kementiran Kesehatan, ketika tubun stres, produksi seretonin akan terganggu dan menyebabkan kemampuan tubuh menciptakan insulin akan berkurang.

Menurut Akademisi Ilmu Gizi Universitas Indonesia dr Erfi Prafiantini, patogenis penyakit diabetes melitus cukup panjang.

“Konsumsi tinggi gula garam lemak, akan berdampak pada perubahan asupan kalori dan pada berat badan. Berat badan yang berlebih, suatu saat akan menjadi obesitas. Obesitas inilah jendela atau peluang atau celah munculnya penyakit non infeksi. Salah satu yang mendominasi adalah diabetes,” jelas Erfi dikutip dari Kompas.id, Sabtu 13 Mei 2023.

Bagi penderita penyakit diabetes, memang disarankan untuk diet sehat yang seimbang.Tujuannya yakni mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Perlu sobat sehat ketahui, buah dan sayur mengandung serat dan kaya akan mineral yang bagus untuk kesehatan penderita diabetes.

Rupanya beberapa jenis buah bermanfaat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sobat sehat bisa mengonsumsi buah secara utuh, namun jika merasa bosan, bisa diolah menjadi jus.

Berikut beberapa jus yang bagus untuk menurunkan gula darah penderita diabetes:

1. Jus Delima

Mengutip dari WebMD, jus delima mampu menurunkan risiko diabetes. Pada penelitian sederhana dengan objek 10 orang dewasa sehat dan 10 orang dewasa penderita diabetes tipe 2. Mereka diminta untuk mengonsumsi jus delima pekat setiap hari selama tiga bulan.

Hasilnya, jus delima tersebut tidak memperburuk gejala diabetes. Dan menurunkan penyerapan kolesterol jahat.

2. Jus Nanas

Dikutip dari buku Miracle Juices Penumpas Diabetes dan Hipertensi, karya Desty Ervira P,S,Gz,MPH dalam buah nanas terdapat bromelin yang berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes.

Melansir dari Healthline, nanas kaya akan serat, mineral, dan rendah gula sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

3. Jus Lemon

Jus lemon baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena jus lemon dapat membantu kontrol kadar gula darah serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selain mengonsumsi jus di atas secara rutin, sebaiknya Anda mulai menerakan pola hidup sehat. Perlu Anda ketahui, pola hidup sehat bisa membantu mengelola gula darah pada penderita diabetes.

4. Jus Buah Naga

Menguti buku yang berjudul Khasiat Ampuh Buah Naga dan Delima karya Dani Hendarto, buah naga putih mengandung protein, tinggi serat, karoten, kalsium, zat besi. vitamin B dan vitamin C.

Kandungan tersebut yang membuat buah naga berkhasiat dalam menyeimbangkan kadar gula darah.

Selain itu jus buah naga juga bermanfaat menyembuhkan rematik, melancarkan pencernaan, menyembuhkan asam urat dan menurunkan kolesterol.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *