by

Gagalkan Upaya Penyelundupan 3,5 Ton Narkoba di Panama

Panama—Upaya penyelundupan 3,5 ton narkoba melalui kapal kargo dari Chili ke Belanda berhasil digagalkan pada hari Sabtu. Itu adalah penyitaan terbesar di negara itu oleh pejabat Layanan Penerbangan Nasional Panama (Senan) dari sebuah kapal kontainer yang transit dari Chili.

“Kami membuat profil kapal pengangkut peti kemas dari Chili, melalui Panama dengan tujuan akhir ke Belanda,” kata Komisaris Utama Wilayah Kedua Senan Luis de Gracia. “Alert diaktifkan dan dipastikan ada pemalsuan informasi,” katanya dikutip AFP.

Dalam pemeriksaan kapal di Pelabuhan Pasifik Panama, ditemukan 100 karung berisi 3.499 paket barang haram tersebut. Namun, jenis narkoba yang datang dari San Vicente, Chile belum teridentifikasi.

Panama mencatat penyitaan 98,6 ton narkoba tahun ini, sebagian besar adalah kokain, kata Menteri Keamanan Publik pada 22 Oktober. Lebih dari 80 ton diselundupkan melalui laut dengan 27 ton kokain ditemukan di dalam kargo.

Panama adalah negara transit untuk obat-obatan yang diproduksi di selatan benua dengan pasar utamanya adalah Amerika Utara. Sebanyak 84,87 ton narkoba sebagian besar jenis kokain disita tahun lalu. (NE)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *