by

Mau Tau, Ini Mengenal Beragam Jenis Erupsi

Jakarta: Gunung Semeru kembali erupsi dan naik ke level awas. Berikut pengertian erupsi dan macam-macamnya, dikutip dari berbagai sumber.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), erupsi merupakan letusan gunung api atau semburan sumber minyak dan uap panas. Erupsi adalah peristiwa keluarnya magma dari gunung api menuju permukaan bumi, yang dikeluarkan secara efusif maupun eksplosif.

Erupsi efusif adalah lava keluar secara perlahan dan mengalir tanpa diikuti dengan suatu ledakan. Erupsi eksplosif adalah magma yang keluar dari gunung api dalam bentuk ledakan dan terbentuk endapan piroklastik.

Erupsi terbagi menjadi empat jenis, mulai dari erupsi pusat, erupsi samping, erupsi celah, dan erupsi eksentrik. Masing-masing jenis erupsi memiliki sumber magma yang berbeda.

Erupsi terbagi berdasarkan kekuatannya, yaitu Erupsi Strombolian, Erupsi Vulkanian, dan Erupsi Hawaiian. Berikut penjelasan tentang macam-macam erupsi.

1. Erupsi Strombolian

Erupsi Strombolian berasal dari gas dan fragmen-fragmen atau serpihan magma. Material yang diletuskan jatuh kembali ke dalam kawah atau di sekitar bibir kawah.

Pada erupsi yang lebih besar, lava mengalir ke lereng di sekitarnya. Gunung api tipe strombolian mempunyai kawah yang berbentuk lingkaran.

2. Erupsi Vulkanian

Erupsi vulkanian terjadi karena lubang kepundan tertutup sumbat lava atau magma yang membeku di pipa magma setelah erupsi. Aliran lava tidak terjadi pada erupsi vulkanian.

3. Erupsi Hawaiian

Ciri erupsi tipe hawaiian adalah adanya erupsi lava cair yang berasal dari kawah dalam waktu cukup lama. Lava yang membentuk erupsi tipe hawaiian berjenis basalt.

Dari bentuk fisiknya, gunung yang bertipe erupsi Hawaiian mempunyai bentuk perisai. Artinya bahwa tubuh gunung jauh lebih besar dari tinggi gunung.