by

Yuk Ke Wisata Mangrove Kedatim

Sumenep: Kawasan wisata mangrove di Desa Kebundadap Timur, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mempunyai 22 jenis mangrove yang tumbuh di kawasan tersebut.

Tempat wisata baru di Bumi Sumekar ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 8 hektare yang sudah dilengkapi jogging track sepanjang 850 meter serta spot-spot foto yang instagramable.

Wisata yang digagas para pemuda bersama pemerintah Desa setempat itu, baru dibuka pada momentum lebaran tahun ini.

Dikelilingi pohon mangrove membuat udara segar, serta kicau burung saling bersahutan memberi sentuhan rasa yang membuat pikiran menjadi damai ketika berada di lokasi wisata alam ini.

Salah satu pemuda di wilayah tersebut, Aji Nurahman mengatakan, sementara ini yang ditemukan ada 22 jenis mangrove di lokasi wisata itu.

“Di sini ada jenis rhizophora mucronata, rhizophora stylosa, rhizophora apiculata, sonneratia dan lain-lain,” ucapnya, Minggu (6/6/2021).

Menurut Aji, destinasi wisata ini dibangun sebagai bagian dari upaya melindungi keberadaan hutan mangrove itu sendiri, mengingat memiliki banyak manfaat salah satunya mencegah abrasi.

Bahkan buah dari beberapa jenis mangrove bisa menjadi bahan untuk membuat permen, dodol, sirup dan tepung.

Ia menekankan, pengembangan wisata mangrove ini tidak hanya untuk mendapat keuntungan atau meningkatkan pendapatan asli desa, tetapi juga ada program rehabilitasi, karena sebelumnya dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (imr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *