by

WNA-WNI Vaksin di Luar Negeri Terdaftar PeduliLindungi

Jakarta: Pemerintah meluncurkan fitur baru dalam aplikasi PeduliLindungi.

Hosting Unlimited Indonesia

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, fitur baru tersebut diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di luar negeri agar dapat mengakses aplikasi PeduliLindungi.

“WNI dan WNA bisa mengakses PeduliLindungi walaupun sertifikat vaksinnya bukan diperoleh di Indonesia, ini dalam rangka memudahkan verifikasi,” kata Setiaji, dalam konferensi pers secara virtual, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (14/9/2021).

Setiaji menjelaskan, dalam proses pendaftaran, WNI dan WNA akan diminta data personal hingga jenis vaksin yang digunakan.

Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji (Foto: RRi.co.id)
Bagi WNI dan WNA pun dapat mengajukan verifikasi terlebih dahulu melalui lama vaksinln.dto.kemkes.go.id.

Kemudian, Kemenkes akan melakukan tahap verifikasi data.

Sementara untuk WNA, verifikasi data akan dilakukan oleh kedutaan masing-masing.

“Hasilnya akan dikonfirmasi melalui email yang sudah didaftarkan di website tersebut, kurang lebih maksimal tiga hari kerja,” jelas Setiadi.

Setelah data terverifikasi, lanjut Setiadi, WNI dan WNA dapat mengunduh dan mendaftar melalui aplikasi PeduliLindungi guna mengklaim sertifikat vaksin.

“Nah, kemudian setelah itu, bisa menggunakan PeduliLindungi dan menggunakan scan barcode di berbagai tempat aktivitas masyarakat seperti mal kemudian penerbangan dan sebagainya,” ujar Setiadi.

Ia berharap dengan adanya fitur baru tersebut dapat memastikan setiap mobilitasi masyarakat di Indonesia terjaga dengan proses screening.

“Semoga bisa mampu mempermudah masyarakat dan memperlancar akomodasi ke fasilitas publik dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *