by

Wilayah Pesisir, Wapres: Kemiskinan Mendominasi

Jakarta: Kemiskinan di wilayah pesisir mendominasi persentase tingkat kemiskinan ekstrem di tanah air pada 2021.

Hal itu terungkap dalam Rapat Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Wilayah Pesisir, yang dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (21/12/2021) .

Wapres menyebut, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 tingkat kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir mencapai 4,19% dan angka ini lebih tinggi dari rata-rata nasional.

“Dari jumlah penduduk miskin ekstrem sebesar 10,86 juta jiwa, 12,5 persen atau 1,3 juta jiwa diantaranya berada di wilayah pesisir,” ungkap Wapres dikutip RRI.co.id.

Wapres menjelaskan, banyak hal yang melatarbelakangi kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir yang relative lebih kompleks.

“Pertama, dari aspek demografi, anggota rumah tangga miskin ekstrem di wilayah pesisir lebih besar dibandingkan wilayah lainnya dengan rata-rata umur kepala rumah tangga yang lebih produktif. Kedua, dari aspek pendidikan, kepala rumah tangga miskin ekstrem di wilayah pesisir sebagian besar tidak bersekolah dan hanya lulusan SD. Ketiga, dari aspek perumahan, kelompok miskin ekstrem di wilayah pesisir memiliki akses sanitasi, air bersih, dan penerangan yang kurang memadai jika dibandingkan dengan wilayah lainnya,” papar Wapres.

“Kemudian (keempat), ketenagakerjaannya sebagian besar memiliki pekerjaan namun terkonsentasi pada kelompok yang berusaha sendiri atau berusaha dengan dibantu buruh tidak tetap atau tidak dibayar. Kelima, dari aspek infrastruktur, menurut Wapres akses sistem komunikasi, jasa pengiriman, dan penerangan di wilayah pesisir perlu diperbaiki. Keenam, kerentanan relatif lebih rawan terutama terkait dengan gizi buruk dan keberadaan pemukiman kumuh atau di bantaran sungai. Akses layanan dasar, akses sekitar kesehatan relatif lebih buruk, terutama terkait rumah sakit bersalin dan poliklinik,” sambungnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *