by

Waspadai Lonjakan Kasus Covid-19

Jakarta: Kasus harian Covid-19 di Indonesia terus meningkat, bahkan tembus 6 ribu kasus selama tiga hari berturut-turut.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai tren peningkatan kasus dan kematian akibat virus berbahaya tersebut.

“Yang meninggal di negara kita sejak Juni 2022 selalu di bawah sepuluh orang, tapi dalam beberapa hari terakhir ini bukan hanya kasus harian sudah di atas 6 ribu orang, tetapi juga yang meninggal naik (jumlahnya) menjadi di atas sepuluh orang,” kata Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI Prof Tjandra Yoga Aditama kepada wartawan, Jumat (29/7/2022).

Peningkatan kewaspadaan ditekankannya penting dilakukan. Sebab, semua pihak tentu tidak ingin peningkatan kasus yang terjadi sekarang menjadi dua kali lipat dari puncak Covid-19 lalu.

“Jan juga jangan sampai kematian mendekati puncak yang lalu juga,” ujarnya.

Data Balitbangkes Kemenkes RI per 26 Juli 2022, kasus konfirmasi mengalami tren peningkatan 30,86 persen dari sepekan sebelumnya dengan kasus harian rata-rata 5 ribu hingga 6 ribu lebih pasien.

Sementara,. peningkatan kasus aktif mencapai 45,93 persen dari pekan sebelumnya dengan rata-rata harian berkisar 38.960 pasien. Tren kematian dilaporkan menurun berkisar 8,47 persen atau rata-rata selama sepekan sembilan jiwa.

Sedangkan, jumlah pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit meningkat berkisar 19,89 persen dengan laju selama sepekan berjumlah rata-rata 2.615 pasien. Pasien yang dirawat intensif meningkat 24,89 persen atau rata-rata sepekan mencapai 296 pasien.