Waspada Cuaca Ekstrem wilayah di Jakarta

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi tanda Peringatan Dini buat wilayah ibu kota untuk Senin (29/1) dan Selasa (30/1). Hal ini inbas dari fenomena atmosfer yang di prediksi sampai awal Februari.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir,” demikian peringatan BMKG. Senada, dalam Prospek Cuaca Seminggu ke Depan periode 26–1 Februari, BMKG memasukkan Jakarta sebagai salah satu wilayah peringatan dini potensi cuaca ekstrem.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin sehingga dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator. Aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu potensi peningkatan awan hujan.

Serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat hingga bagian tengah. Hal ini yang disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua.

Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *