Friday, May 7

Warga Terinveksi B117 Dipastikan Telah Sembuh

Jakarta: Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono memastikan, enam warga Indonesia terinveksi mutasi virus baru Covid-19 telah sembuh, dalam keadaan sehat.

“Iya ada 6 kasus, dan semuanya sekarang sudah sembuh,” kata Dante usai melakukan kunjungan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Sebelumnya pada 2 Maret lalu, Dante menyatakan, varian baru virus corona yang berasal dari Inggris itu menginfeksi dua orang warga Indonesia.

Keduanya merupakan pekerja migran yang baru saja pulang dari Arab Saudi. Sejauh ini, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berupaya melakukan pelacakan (tracing) untuk mencegah penemuan kasus baru.

Menyusul, empat kasus baru ditemukan di empat provinsi yakni di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Sejak kita lakukan surveilance di beberapa tempat termasuk kontak tracingnya, kita sudah kejar dan ternyata tidak ada lagi,” ujarnya.

Terkait pencegahan kasus baru, Dante mengungkakan, telah mengirimkan satu sampel varian baru B117 di laboratorium dan juga rumah sakit.

“Sudah lebih dari 462 sampel yang kita lakukan pemeriksaan dan terus akan bertambah setiap minggunya. Dan sampai sekarang belum ketemu lagi di samping 6 kasus itu,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Dante, juga meminta sampel (PCR) dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara, RSD Wisma Atlet, dan beberapa Rumah Sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *