Friday, June 18

Warga Tak Tahu Ancol Ditutup

Jakarta: Banyak warga, calon pengunjung yang mengaku tidak tahu kalau Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ditutup.

“Mereka enggak tahu kalau seluruh akses ke Ancol ditutup, termasuk (wahana) Putri Duyung,” ungkap salah seorang petugas kepolisian saat berbincang dengan Pro 3 RRI di depan Pintu Gerbang Timur Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (15/5/2021).

Kawasan Ancol ditutup setelah satu hari sebelumnya, yakni pada Jumat (14/5/2021) pengunjung sempat membludak.

Penutupan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi kembali membludaknya pengunjung karena dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Terpantau, banyak sekali calon pengunjung Ancol yang berhenti dan menanyakan kepada petugas apakah seluruh wahanan di dalam kawasan Ancol ditutup atau tidak.

Menurut petugas, banyak calon pengunjung yang sudah membeli tiket secara daring untuk masuk ke wahana Putri Duyung tersebut.

“Itulah anehnya, kenapa pihak manajemen Ancol masih menjual tiket ke Putri Duyung, padahal kan perintahnya ditutup semuanya,” ujarnya.

Terkait masalah tiket yang sudah dibeli, pengunjung pun diminta untuk langsung menghubungi pihak manajemen Ancol apakah dapat dikembalikan uangnya atau masa berlakunya bisa diperpanjang.

Sebelumnya, Wakil Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Johannes Harwanto mengakui bahwa semestinya tiap libur lebaran pihaknya mendapatkan banyak pemasukan. Namun karena tidak ingin masyarakat terpapar Covid-19, penutupan sementara pun terpaksa dilakukan.

“Kami memutuskan untuk lebih mengutamakan keselamatan publik dulu daripada pendapatan yang sekian rupiah, harus kami relakan dulu,” kata Johannes di Pantai Lagoon, Ancol.

Lebih lanjut dijelaskannya, alasan penutupan sementara dilakukan karena tidak semua pengunjung yang datang mau diatur terkait protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Di selain pihak kami juga harus memastikan bahwa kami pun juga tidak menjadi tempat klaster baru. Itu yang sangat kami khawatirkan. Jadi kami pun bukan berarti senang-senang menerima pengunjung Lebaran ini,” bebernya.

Perlu diketahui, per pukul 16.00 WIB kemarin, kawasan wisata Ancol didatangi oleh 43 ribu orang pengunjung, atau melebihi batas 30 persen.

Namun demikian, kuota pengunjung di lokasi tetap terkontrol. Sebab disaat bersamaan ada 13 ribu pengunjung meninggalkan lokasi. (Buy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *