by

Warga Lamongan Ini Buat Pesawat Terbang, Laku Rp2 Miliar

Lamongan – Seorang warga asal Lamongan, Heri Suyanto, mendadak terkenal karena berhasil membuat pesawat terbang. Meski hanya lulusan STM, Suyanto pernah bekerja di perusahaan penerbangan di Alaska, Amerika Serikat)AS). Di sana, dia menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Setelah pulang kampung, dia merakit sendiri pesawat berbekal pengalamannya selama di luar negeri. Kini, Suyanto membuat gempar karena berhasil merakit pesawat terbang rakitan jenis short take off landing (STOL). Pesawat itu dirakit Heri Suyanto, pria yang tinggal di Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, ini.

Suyanto yang warga asli Lamongan ini ternyata cukup lama bekerja di perusahaan pesawat terbang di AS. Setelah memiliki kemampuan, dia mengembangkan bakat dan keahlian membuat pesawat terbang sendiri di kampung halaman Lamongan.

Warga yang penasaran beramai-ramai datang ke rumah Suyanto untuk melihat pesawat rakitan yang diparkir di halaman rumah. Suyanto menjelaskan, pesawat jenis STOL dengan panjang 7,3 meter dengan rentang sayap 9,5 meter serta tinggi 3,7 meter itu memiliki kapasitas dua orang penumpang.

Pesawat ini dirakit di rumah istrinya di Ciamis, Jawa Barat. Setelah jadi dibawa pulang ke kampungnya di Sumberagung dengan diangkut menggunakan truk.

Dia mengklaim pesawat tersebut merupakan pesawat latih atau pantau yang bisa terbang dengan ketinggian 10.000 kaki dengan kapasitas bahan bakar 75 lima liter.

“Sebelumnya telah merakit dua pesawat dan telah laku terjual ke Ceko dengan harga per unit mencapai Rp2 miliar,” katanya, Rabu (15/12/2021), dikutip dari Sindonews.com.

Pesawat rakitannya menggunakan suku cadang dari luar negeri. Selain itu pesawat ini tidak membiutuhkan landasan panjang untuk terbang dan mendarat sehingga cocok untuk digunakan di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. (Aza)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *