by

Warga Diingatkan Bermasker, Kualitas Udara Tidak Sehat

Jakarta: CEO dan Founder Nafas Indonesia Nathan Roestandy mengingatkan warga Jakarta untuk tetap bermasker dalam beraktivitas di luar rumah menyusul tidak sehatnya kualitas udara Jakarta.

Mengutip situs web IQAir, kadar kualitas udara Jakarta masih “tidak sehat” dengan indeks 155 pada Minggu (19/6/2022). Dalam rangking kualitas udaara dan polusi kota, Jakarta menempati urutan keempat sebagai kota berpolusi di dunia setelah Riyadh Arab Saudi, Dubai UEA dan Santiago Cile.

“Kalau memang lagi berkegiatan di luar atau harus berkegiatan di luar gunakan masker N95 dan harus dipastikan bahwa dia tertutup ya supaya tidak masuk udara dari celah-celah. Masker N95 ini terbukti bisa menyaring partikel-partikel polusi yang ukurannya sangat kecil dan sampai bisa menifiltrasi partikel-partikel virus,” kata Nathan dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Minggu (19/6/2022).

Ia menyarankan, masyarakat untuk beralih ke transportasi publik untuk menekan polusi udara Jakarta.

“Ini ada kaitan dengan keramahan lingkungan juga itu kita harus beralih ke transportasi publik dan mengurangi transportasi pribadi seperti itu,” jelasnya.

Nathan menyebut, buruknya kualitas udara, salah satunya disebabkan karena kegiatan masyarakat dan masuknya ke musim kemarau.

“Jadi ada beberapa faktor ya tentunya kegiatan masyarakat menjadi faktor. Tapi kita ada faktor cuaca juga karena kita masuk ke bulan Juni ke Juli dan Agustus itu masuk bulan kemarau. Dan di bulan kemarau itu angin itu berkurang dan biasanya ini polusi itu sebetulnya, kalau polusi dilakukan industri pabrik atau kendaraan bermotor kurang lebih cukup konsisten tiap tahun. Tapi faktor cuaca ini yang menentukan apakah akan lebih parah di bulan tertentu,” paparnya.

Menurutnya, transisi ke kendaraan listrik sangat membantu menekan polusi udara Jakarta.

“Tentunya transisi ke electric vehicle kendaraan lsitrik ini akan sangat membantu dan kalau dari Trans Jakarta itu sudah ada inisiatif untuk perlahan-lahan merombak kendaraan mereka menjadi elektrik,” terangnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.