Warga Diimbau Gunakan Masker Saat Gunung Marapi Erupsi

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatra Barat, mengimbau warga untuk menggunakan masker di luar ruangan. Guna menghindari dampak erupsi Gunung Marapi yang terus terjadi sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

“Kami telah mengeluarkan imbauan lebih dari satu pekan yang lalu. Agar warga mengurangi aktivitas di luar ruangan dan ketika keluar ruangan diminta menggunakan masker,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah Pariaman, Jumat (5/1/2024).

Ia mengatakan sebelum imbauan dikeluarkan sudah ada warga yang menggunakan masker saat berkendara. Hal itu menurutnya karena adanya kesadaran dari warga di daerah itu yang merasakan adanya debu erupsi Gunung Marapi.

Pemkot Pariaman, kata dia, juga mengurangi kegiatan di luar ruangan guna mengurangi dampak erupsi pada kesehatan. Kegiatan di luar ruangan akan dilaksanakan jika sebelumnya daerah itu diguyur hujan.

Ia menyampaikan akhir-akhir ini warga Pariaman memang banyak mengalami batuk dan demam. Namun pihaknya tidak dapat memastikan hal itu murni disebabkan oleh erupsi Gunung Marapi karena bersamaan dengan terjadinya perubahan cuaca.

“Kami tidak bisa memastikan penyebab batuk yang dialami warga saat ini. Karena debu erupsi atau tidak, sebab cuaca sekarang juga tidak menentu,” ujarnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *