by

Warga Brasil Protes Kebijakan Penanganan Pandemi

Rio de Janeiro: Pengunjuk rasa anti-pemerintah turun ke jalan-jalan di kota-kota di seluruh Brasil ketika jumlah kematian yang dikonfirmasi dari COVID-19 melonjak melewati setengah juta.

Ini adalah tragedi yang banyak kritikus menyalahkan upaya Presiden Jair Bolsonaro dalam meminimalkan penyakit.

Ribuan orang berkumpul pada Sabtu (19/6/2021) di Rio de Janeiro, mengibarkan bendera bertuliskan “Keluar Bolsonaro.”

Para pengunjuk rasa lainnya mengangkat poster bertuliskan: “500 ribu kematian. Itu kesalahan dia”, seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (20/6/2021).

Pawai serupa terjadi di setidaknya 22 atau 26 negara bagian Brasil. Mereka dipromosikan oleh partai-partai oposisi sayap kiri yang telah berbesar hati oleh peringkat jajak pendapat Bolsonaro yang menurun sementara pemilihan presiden tahun depan mendekat.

Pendukung Bolsonaro lebih sering turun ke jalan selama sebulan terakhir, sebagian besar karena banyak yang setuju dengan penolakannya terhadap pembatasan yang dimaksudkan untuk meredam virus corona dan kemarahan bahwa tindakan penguncian telah merugikan bisnis.

Para kritikus mengatakan pesan-pesan seperti itu, serta promosi Bolsonaro tentang perawatan yang tidak terbukti seperti hydroxychloroquine, telah berkontribusi pada melonjaknya angka kematian.

Kritikus juga mengkritik kampanye vaksin yang lamban yang baru sepenuhnya menginokulasi kurang dari 12% populasi.

Negara berpenduduk sekitar 213 juta orang itu mencatat hampir 100.000 infeksi baru dan 2.000 kematian setiap hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *