by

Wapres Sebut ASEAN Para Games Sumber Inspirasi Kesetaraan

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games XI 2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/7/2022).

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengatakan jika ASEAN Para Games adalah ajang yang istimewa.

“ASEAN Para Games ini sumber inspirasi atas makna kesetaraan,” kata dia.

Menurut Wapres, paragames juga menjadi istimewa karena atlet-atletnya membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi harus lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.

“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia khususnya di Surakarta kepada para atlet kebanggaan yang mewakili 11 negara dari kawasan Asia Tenggara,” kata Wapres.

Wapres menyatakan, Kota Surakarta adalah kota yang kaya akan budaya, sekaligus menjadi rumah bagi paralympic/paralimpiade nasional Indonesia. Di kota itu juga Pekan Olahraga Nasional (PON) Indonesia pertama kali diselenggarakan pada 1948.

“Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Gubernur Jawa Tengah beserta seluruh jajaran, khususnya Wali Kota Surakarta atas kerja keras yang telah dilakukan dalam mempersiapkan penyelenggaraan ASEAN Paragames 2022,” ujar Wapres.

Wapres pun mengucapkan selamat berjuang kepada seluruh atlet dalam kompetisi yang sehat dan sportif.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim ASEAN Paragames XI-2022 saya nyatakan secara resmi dibuka. Salam olahraga,” pungkas Wapres.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Paragames Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka, turut menyapa para kontingen peserta ASEAN Paragames 2022 dalam upacara pembukaan di stadion kebanggaan masyarakat Solo, Manahan.

“Welcome to Solo,” kata Gibran yang juga menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Gibran pun memberikan apresiasi kepada ASEAN Para Sport Federation (APSF), karena telah memberikan kepercayaan kepada Solo menjadi tuan rumah.

“Warga Solo, saya mau bertanya, bangga atau tidak menjadi tuan rumah paragames untuk kedua kalinya?,” sapa Gibran kepada masyarakat yang menyaksikan langsung.

“Bangga,” sorak seluruh warga Solo di dalam stadion Manahan.

Gibran menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung penyelenggaraan ASEAN Paragames XI-2022 dan telah bekerja keras untuk mewujudkan acara ini.

“Kami berharap dapat menemukan banyak bakat baru, juara dunia baru dari penyelenggaraan acara ini. Keberanian tekad, komitmen, dapat melanjutkan peningkatan kemampuan, dan terus berjuang untuk kesetaraan,” ujar Gibran.