Wamendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Jakarta – Kementerian Perdagangan terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok (bapok). Saat ini, beberapa komoditas bapok mengalami fluktuasi harga, namun relatif stabil dan kondusif secara umum.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat meninjau Pasar Cisaat di Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (25/6). Turut mendampingi Wamendag Jerry yaitu Direktur Kebutuhan Barang Pokok dan Barang Penting Bambang Wisnubroto dan Plh Bupati Sukabumi Toha Wildan Athoilah.

“Ketersediaan stok bapok bagi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat Sukabumi dipastikan aman. Hasil dialog dengan pedagang, memang ada fluktuasi harga komoditas. Namun ketersediaan stok aman dan terjaga. Itu yang penting,” terang Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menyatakan, ketersediaan stok bapok yang aman dan terjaga merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perdagangan dengan seluruh pemangku kepentingan. Kerja sama dan sinergi ini akan terus berlanjut agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan tenang.

Menanggapi keluhan kenaikan harga Minyakita yang disampaikan oleh pedagang, Wamendag Jerry menegaskan, HET Minyakita yang ditetapkan dan masih berlaku adalah Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg. “Kami mengimbau kepada distributor Minyakita untuk tetap mengikuti aturan HET yang masih berlaku,” tegas Wamendag Jerry.

“Kementerian Perdagangan secara aktif melakukan pantauan harga dan ketersediaan bapok langsung ke pasar tradisional, ritel modern, pengecer, pedagang, dan distributor. Hal tersebut guna memastikan rantai pasok berjalan dengan lancar, stok tersedia, dan harga bapok terjangkau bagi masyarakat,” pungkas Wamendag Jerry.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Kabupaten Sukabumi dan Pengelola Pasar Cisaat Provinsi Jawa Barat per 24 Juni 2024, harga bapok beras medium Rp12.000/kg, beras premium Rp14.500—Rp15.000/kg, gula pasir Rp17.000/kg, Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng premium Rp18.500/liter, tepung terigu Rp11.000/kg, daging ayam ras Rp38.000/kg, telur ayam ras Rp28.500/kg, daging sapi Rp130.000/kg, cabe merah keriting Rp40.000/kg, cabe rawit merah Rp40.000/kg, bawang merah Rp38.000/kg, dan bawang putih Rp40.000/k

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *