by

Walikota solo Dukung Ralali Digitalisasikan Pasar UKM

Jakarta: Ralali.com, B2B marketplace terbesar dan terpercaya di Indonesia, menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta sebagai B2B enabler untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah) Surakarta yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perluasan digitalisasi pasar.

“Kerjasama dengan Pemkot Surakarta ini merupakan awalan sebagai stepping stone untuk mewujudkan serangkaian langkah strategis yang berfokus untuk mengembangkan, memperkuat, serta memajukan UKM dan IKM di Surakarta melalui teknologi. Singkatnya, Ralali akan meng-empower serta membantu para pelaku usaha untuk mendigitalisasi bisnisnya. Juga berikan kemudahan melalui Big Agent dan Konekto. Melalui PT Mitra Enabler Indonesia. Berinovasi membentuk enabler khusus untuk UKM dan IKM Disabilitas Go Online. Dan berupaya merangkul dan berikan solusi bisnis untuk kaum disabilitas Indonesia,” ungkap Joseph Aditya, selaku CEO dari Ralali.com, dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

Melalui kerjasama ini, Ralali.com berkomitmen sesuai dengan visi utama yakni untuk mendukung program pemerintah dalam empowerment UKM dan IKM, sehingga dapat menjadi contoh untuk dapat dilakukan di berbagai kota maupun kabupaten lainnya. Kedua belah pihak akan bersinergi untuk tingkatkan kesejahteraan UKM dan IKM Surakarta melalui proses transformasi digital.

Ralali.com bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta melalui PT Mitra Enabler Indonesia (Ralali Partner) untuk melakukan standarisasi penjualan serta pemasaran agar UKM produsen dapat masuk ke pasar digital serta memenuhi standar industri yang ada. Seiring dengan adanya industri ini, maka lapangan pekerjaan semakin bertambah di Surakarta.

Ralali juga akan memfasilitasi website gratis atau digital storefront melalui aplikasi Konekto dengan menargetkan para UKM dan IKM Surakarta dapat membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital.

Acara penandatanganan ini turut dihadiri oleh PT Mitra Enabler Indonesia, PT Porang Rejeki Jaya, PT Mitra Bumdes Nusantara, dan Induk Koperasi Nelayan Indonesia. Acara penandatanganan kesepakatan antara Ralali.com dan pihak enabler yakni Pemkot Surakarta yang disaksikan secara langsung oleh Gibran Rakabuming selaku Walikota Surakarta.

Acara ditutup dengan penampilan mengagumkan dari Adi Gunawan, Difabel Tuna Netra serta Founder dan Director Adi Gunawan Institute yang berperan sebagai enabler disabilitas dari Ralali.com.

Adi Gunawan melakukan live demo kemudahan membuat digital storefront melalui aplikasi Konekto. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Ralali.com ramah dan mudah untuk digunakan oleh Para Disabilitas bahkan Penyandang Disabilitas Tuna Netra. Program Enabler Disabilitas Ralali.com ini bertujuan untuk membantu para UKM dan IKM Disabilitas 4.0.

Sejatinya tren Marketplace di Indonesia saat ini adalah eCommerce B2C (Business-to-Consumer) dan C2C (Consumer-to-Consumer), tetapi Ralali.com justru memilih bisnis model yang berbeda di Indonesia yakni B2B (Business to Business). Cara itu digunakan Ralali.com agar tetap bisa bertahan di tengah persaingan.

Meski usianya masih terbilang muda, Ralali.com menjadi Marketplace B2B terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance Repair and Operation). HoReCa (Hotel Restaurant & Café), dan lainnya.

Konsep B2B merupakan konsep penawaran produk yang melibatkan bisnis satu dengan lainnya atau transaksi antar perusahaan dengan sistem Maintenance, Repair dan Operation.

Salah satu value dari Ralali.com yaitu Customer Obsessed, dimana keberhasilan customer merupakan keberhasilan dari Ralali.com. Marketplace yang didirikan sejak tahun 2013 ini memang selalu berfokus pada segmen B2B. Sehingga semua kanal berfokus pada user supplier, dan pelaku bisnis.

Kini Ralali.com telah memilki lebih dari 1,5 juta user register, lebih dari 22.000 Vendors, 500 ribu produk dan lebih dari 5 juta visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *