by

Wabah Global, WHO Nyatakan Cacar Monyet

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa cacar monyet telah resmi menjadi darurat global dan berbahaya bagi kesehatan dunia.

“Saya telah memutuskan bahwa cacar monyet telah menyebabkan kekhawatiran internasional dan menjadi darurat kesehatan publik,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Gheberyesus, dilansir dari Agencies, Sabtu (23/7).

Ia mengatakan, Komite Darurat WHO telah memberikan penilaian terkait apakah penyebaran cacar monyet bisa menjadi kekhawatiran global. Ternyata, ditemukan 3.040 kasus dari 47 negara.

“Sejak itu, penyebaran terus berkembang dan ada lebih dari 16.000 dilaporkan di 75 negara, serta menyebabkan kematian,” katanya.

Lebih lanjut, Tedros mengatakan bahwa meskipun rendah, masih ada risiko yang jelas tentang penyebaran infeksi secara global.

Sejauh ini, penyebaran cacar monyet paling banyak ditemukan pada pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual.

Baca juga :WHO: Covid-19 Tetap Menjadi Darurat Dunia
“Wabah ini bisa dihentikan dengan strategi yang tepat dan pada kelompok masyarakat yang tepat pula,” kata Tedros.

Cacar monyet bukanlah penyakit baru, melainkan virus lama yang lebih sering ditemukan di Afrika Tengah dan Barat. Namun, virus ini mulai ditemukan di negara-negara yang belum mengalami wabah cacar monyet atau monkeypox.(koma(