by

Varian Covid-19 India Masuk Kudus

Jakarta: Bupati Kudus Hartopo meminta masyarakat tidak perlu takut dengan ditemukannya virus varian baru Covid-19 dari India di wilayah Kabupaten Kudus. Dia mengatakan hal itu selama masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Penularan virus tetap sama seperti varian virus corona sebelumnya. Upaya menghindarinya juga tetap sama dengan mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” kata Hartopo, Minggu (13/6/2021).

Bupati meminta masyarakat ketika tidak memiliki kepentingan mendesak, sebaiknya tidak perlu keluar rumah demi mencegah penularan virus corona.

Menurutnya, kesadaran masyarakat Kudus menerapkan protokol kesehatan sudah baik, karena masyarakat yang beraktivitas di luar rumah selalu memakai masker.

Fasilitas tempat cuci tangan juga mudah dijumpai serta banyak kelompok masyarakat ikut peduli memberikan edukasi agar selalu bermasker dan menjaga jarak.

Informasi adanya virus varian baru di Kudus, katanya, baru penyampaian dan belum mendapatkan surat resmi, sehingga nama-nama pasien Covid-19 yang diambil sampel genome-nya juga belum mengetahui.

Dari 34 sampel genome pasien Covid-19, 28 sampel diantaranya dinyatakan terpapar virus varian India atau Delta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *