Friday, June 18

Varian Corona dari Inggris Menjangkiti Indonesia, Wamenkes: Ini Perang Dunia III

jakarta – Kabar mengejutkan disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwono. Dalam jumpa pers setahun pandemi Covid-19, dirinya mengungkapkan jika varian baru Covid-19 B117 asal Inggris ditemukan di Indonesia.

“Saya mendapatkan informasi tadi malam bahwa tepat satu tahun pandemi Covid ini kita menemukan mutasi Covid-19 B117 dari Inggris di Indonesia. Ini fresh from the oven,” kata Wamenkes dalam konferensi pers, Selasa(2/3).

Wamenkes mengatakan dengan hal ini maka Indonesia bakal menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat.

“Kesulitan kita semakin berat menghadapi pandemi ini,” tegasnya.

Dante menyatakan temuan dua kasus yang terkait dengan mutasi B117 asal Inggris ini berasal dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel melalui metode pengurutan genom atau Whole Genome Sequence (WGS) yang telah dilakukan oleh Kemenkes selama beberapa bulan terakhir dari berbagai kasus di Indonesia.

“Proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita,” katanya.

Wamenkes juga menyatakan bahwa pertarungan dunia melawan pandemi Covid-19 ini ibarat Perang Dunia III. “Jika Perang Dunia I dan II merupakan kontak fisik, tetapi di perang saat ini melawan musuh yang kasat mata,” pungkasnya. (EP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *