Tuesday, May 18

Vaksinasi Jangan Tergesa-gesa, Perlu Perencanaan

Jakarta: Ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono mengingatkan pemerintah untuk tidak tergesa-gesa melakukan vaksniasi Covid-19.

“Vaksinasi itu butuh waktu, jangan tergesa2, perlu rencana yg pinter dan fleksibel,” kata Pandu di akun Twitternya @drpriono1 yang dilihat rri.co.id, Kamis (7/1/2021).

Sebaiknya, kata dia, tujuan vaksinasi bukan “herd immunity” tapi pandemi terkendali. “It’s going to be a long road, just even getting enough vaccines out to all indonesian people,” terangnya.

Pandu memperkirakan peningkatan kasus Covid-19 akan terus berjaya selama Quarter pertama 2021. Untuk itu, ia meminta pemerintah jangan hanya fokus pada meningkatkan kapasitas layanan, tetapo fokus pada penghentian penularan virus.

Lebih lanjut, ia mencermati kehadiran strain-strain baru virus SARSCOv2. “Itu bukti perlawanan virus dengan bermutasi yang mendorong pandemi akan lama. Walau ada vaksin, ternyata tidak bisa cepat layanan vaksinasinya,” terangnya.

Untuk itu, ia menyarankan pemerintah untuk fokus pada penguatan layanan tes, lacak dan isolasi, komunikasi publik yang masif utk 3M. “Masyarakat itu garda terdepan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *