UU Ciptaker Sah, ‘Menginjak’ Asas Keadilan

0
(0)

Jakarta: Rancangan Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja yang direncanakan bakal disahkan dalam Rapat Paripurna DPR dinilai mengenyampingkan asas keadilan.

Pakar politik dari Universitas Indonesia (UI), DR Ade Reza Hariyadi menyampaikan, akan lebih adil jika pemerintah dan DPR menahan diri untuk tidak tergesa-gesa melakukan pembahasan.

“Semestinya, jika masyarakat selama ini dilarang untuk menyampaikan aksi protes dengan alasan-alasan covid, akan lebih fair jika ada asas perlakuan yang sama, misalkan ketika opini-opini yang mengkritisi itu juga diakomodir dengan baik, DPR maupun pemerintah menahan diri untuk tidak tergesa-gesa melakukan pembahasan,” kata Ade kepada RRI.co.id, Senin (5/10/2020).

Dengan begitu, Ade menilai, ada perlakuan yang tidak adil ketika masayarakat kehilangan hak-hak poitik untuk berpartisipasi dalam kerangka penyusunan satu perundang-undangan.

“Sekali lagi kenapa tidak ada asas perlakuan yang adil. Seharusnya kalau yang ini dilarang dengan alasan protokol kesehatan, yang di sini diminta untuk memberikan respon yang adil juga, misalkan menahan diri untuk tidak tergesa-gesa sehingga asas representasi aspirasi publik ini bisa terwakili secara efektif,” ujarnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Waspada, Sore Hari Jakarta Selatan Hujan Lebat

Mon Oct 5 , 2020
0 (0) Jakarta: Seperti kemarin, hari ini Senin (5/10/2020) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memprediksi sejumlah wilayah di Jakarta akan diguyur hujan. Bahkan di Jakarta Selatan, BMKG mengeluarkan peringatan, hujan akan disertai dengan kilat petir dan angin kencang pada sore hari. “Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin […]