by

untuk Timnas Indonesia, Penyerang Thailand ini Harus Diwaspadai

Jakarta: Laga final Piala AFF 2020, antara Indonesia melawan Thailand akan dilangsungkan di Stadion National, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam.

Dimana leg pertama Indonesia berstatus sebagai tuan rumah walaupun bermain di Singapura.

Ini adalah kali keempat Indonesia vs Thailand terjadi pada final Piala AFF tepatnya pada tahun 2000, 2002 dan 2016.

Bagi Thailand, lolos ke final Piala AFF 2021 adalah pembuktian kualitas mereka.

Sepanjang sejarah, pasukan Gajah Perang, julukan Timnas Thailand sudah menembus final Piala AFF sebanyak 9 kali.

Tercatat, 5 kali mereka menjadi juara pada 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016.

Sisanya, sebanyak 3 kali Thailand hanya finis sebagai runner-up pada 2007, 2008, dan 2012.

Sementara itu, Indonesia yang lolos untuk keenam kalinya ke final Piala AFF, tengah memburu gelar perdana di ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara ini.

Pasalnya, dalam 5 percobaan terdahulu, yaitu dalam edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016, Timnas Garuda selalu gagal.

Melihat dari permainan Thailand yang berhasil membungkan Vietnam di leg kedua dengan skor 2-0, dimana sebelumnya Indonesia hanya bermain seri melawan Vietnam, Pengamat Sepakbola, Daniel Siahaan, menegaskan, Pasukan Garuda patut mewaspadai pasukan Gajah Perang, terutama penyerang andalan Thailand, Teerasil Dangda.

“Meskipun dia berusia 30 ke atas, dia sekarang sudah mengoleksi 15 gol untuk Thailand dan dia pemain cukup berpengalaman, dan pada saat ini dia sudah mengemas 4 gol. Jadi barisan pertahanan skuad Garuda harus mewaspadai dia,” ungkapnya dalam perbincangannya dalam acara Dinamika Olahraga PRO3 RRI, Senin (27/12/2021).

Menatap laga final saat berhadapan dengan Thailand, penyerang sayap Indonesia, Witan Sulaiman menegaskan, kerjasama tim adalah kunci kemenangan bagi timnya

“Kunci kemenangan bagi saya adalah kerjasama tim. Kita tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain, kita harus tetap kompak di dalam permainan. Jadi menurut saya kerjasama tim itu penting,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Satu pemain dipastikan absen pada leg 1 final Piala AFF Indonesia vs Thailand, yakni bek kiri Thailand, Theerathon Bunmathan.

Theerathon tidak bisa memperkuat Thailand karena akumulasi dua kartu kuning yang didapat saat dua leg melawan Vietnam di babak semifinal.

Sedangkan Rachmat Irianto mengalami cedera saat Indonesia mengalahkan Singapura pada leg kedua semifinal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *