untuk Petugas KPPS, Tips Sehat dari Kemenkes

Jakarta – Kembali Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjaga kesehatannya selama berlangsungnya pemilu.

Hal ini tentunya sangat mengingatkan kembali banyak yang tumbang jumlah anggota KPPS PADA Pemilu 2019 lalu.

Melalui video pada akun Instagram @ayosehat.kemenkes, disebutkan penyebab kematian terbanyak pada saat itu diakibatkan kelelahan. Ditambah lagi dengan adanya penyakit bawaan seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggin.

Kemenkes menegaskan hal ini tentu tidak boleh terjadi lagi. “Pesta demokrasi seharusnya menjadi ajang pemersatu yang menyenangkan bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Untuk menjaga kesehatan petugas KPPS, Kemenkes memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan selama bertugas: Dirangkum dari video @ayosehat.kemenkes, berikut berbagai persiapan yang perlu dilakukan petugas KPPS untuk menjaga kesehatannya:

1. Cukup tidur selama 6-8 jam per sehari untuk menjaga stamina selama bertugas.

2. Cukup minum air putih minimal delapan gelas per hari

3. Cukup konsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi asupan gizi dan mineral di dalam tubuh ketika bertugas.

4. Cukup berolahraga dengan beraktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Dilakukan sebelum bertugas untuk memenuhi stamina dan kebugaran tubuh.

5. Hindari minuman berenergi, beralkohol, dan rokok.

6. Batasi minuman tinggi kafein, berpemanis, dan bersoda,

Kesehatan petugas KPPS menjadi fungsi terselenggaranya pemulu yang jujur dan adil,” kata Kemenkes. Karena itu, lembaga tersebut mengimbau untuk jaga persatuan dan kesehatan demi mewujudkan pemilu damai.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *