Undang Yunani Investasi di Ibu Kota Nusantara

Athena – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengundang Yunani berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu merupakan bagian dari upaya memperkuat kerja sama ekonomi dan investasi.

“Saya mengundang Yunani untuk berinvestasi. Pada pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ujar Wapres dalam kunjungan kerja ke Athena, Yunani yang menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Jumat (24/11/2023).

Wapres menyebut, kerja sama ekonomi Indonesia dan Yunani relatif tinggi. Pada awal kuartal ketiga, peningkatan investasi misalnya mencapai 10 kali lipat.

“Bahkan, melampaui nilai realisasi pada tahun sebelumnya untuk periode yang sama. Namun, masih banyak potensi yang perlu digali khususnya sektor ekonomi biru dan pariwisata,” kata Wapres RI.

“Momentum ini perlu digunakan dengan peningkatan fasilitasi interaksi pelaku usaha pada sektor prioritas investasi. Seperti maritim, galangan kapal, pariwisata, dan agribisnis.”

Namun, di sisi lain Wapres menyebut kerja sama perdagangan dengan Yunani mengalami penurunan 20 persen. Sehingga, diperlukan komitmen bersama guna meningkatkan kerja sama pada sektor ini

“Perlu meningkatkan potensi ekonomi karena volume perdagangan turun 20 persen dibandingkan 2022. Oleh karenanya, saya menyambut baik Rencana Aksi Kerja Sama Ekonomi yang ditandatangani pada Mei 2023,” kata Ma’ruf Amin.

Pertemuan juga dimanfaatkan Wapres meminta dukungan PM Yunani, membantu mengatasi kebijakan diskriminatif Uni Eropa. Utamanya terhadap produk-produk strategis Indonesia seperti minyak sawit dan kayu.

“Produk-produk ini juga dibutuhkan oleh Yunani dan bertentangan dengan upaya kita dalam meningkatkan perdagangan bilateral,” ujarnya.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *