UMP 2021 Tidak Naik, 18 Provinsi Setuju

0
(0)

ilustrasi

Jakarta: Sebanyak 18 provinsi menyetujui upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 hingga Selasa kemarin. Dengan demikian, upah minimum tahun depan dipastikan tidak naik alias tetap sama dengan tahun 2020.

Ke-18 provinsi tersebut antara lain, Jawa Barat, Banten, Bali, Aceh, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara,

Sulawesi Barat, Maluku Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur,

Kalimantan Tengah dan Papua.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah memastikan 18 Provinsi bersedia mengikuti Surat Edaran (SE) perihal ketentuan upah Minimum Provinsi (UMP) 2021.

Dia juga memberikan alasan, kebijakan tersebut ditempuh karena melihat banyak perusahaan yang tidak bisa memenuhi atau menaikkan upah karena masih terdampak pandemi Covid-19.

“Berdasarkan pemantauan pada hari Selasa, 27 Oktober 2020, Pukul 16.35 WIB, beberapa daerah telah melaksanakan sidang dewan pengupahan provinsi dalam rangka persiapan penetapan UM tahun 2021 yang telah menghasilkan kesepakatan akan melaksanakan SE Menteri Ketenagakerjaan,” kata Ida di hotel Continental Jakarta Selatan, Rabu (28/10/2020).

Selain itu, lanjutnya, kebijakan untuk tidak menaikan UMP 2021 menggunakan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015.

“PP tersebut bersumber dari UU Nomor 13 Tahun 2003, UU ini didesain dalam kondisi yang tidak memprediksi terjadinya pandemi Covid-19,” ujar Ida.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sektor Usaha yang Meningkat Harus Naikan Upah

Thu Oct 29 , 2020
0 (0) Jakarta: Sektor usaha yang yang stabil atau mengalami peningkatan bisnis pada masa pandemi Covid-19, harus tetap menaikkan upah minimum. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena dalam menanggapi langkah Menteri Ketenagakerjaan yang tidak menaikan upah minimum tahun 2021. “Sehingga para pekerja […]