Tuesday, May 18

Uji Klinik Vaksin Covid-19, Ini Efek Samping

Jakarta: Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof Cissy Kartasasmita mengatakan, tidak ditemukan efek samping vaksin Covid-19 yang berat terhadap ribuan relawan yang telah diujicoba.

“Info atau berita mengenai adanya yang meninggal, sakit berat, sakit punggung, itu tidak terbukti dari hasil uji klinik vaksin Covid-19. Setelah dilakukan penelitian, kejadiannya ternyata tidak berhubungan langsung dengan vaksinasi,” kata Cissy, Selasa (17/11/2020).

Untuk diketahui, uji klinik Vaksin Sinovac telah masuk tahap III dan penyuntikan kepada seluruh relawan selesai. Sejauh ini hasil uji klinik fase III dinyatakan aman dan tidak ditemukan reaksi berlebihan.

Untuk proses pembuatan vaksin, lanjut Prof. Cissy, tak lepas dari peran teknologi dan sumberdaya manusia yang andal.

Baca Juga :Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Aman, Warga Tak Perlu Resah

“Teknologi dan kemampuan sumber daya yang maju, serta ketersediaan biaya, mempercepat proses penemuan vaksin Covid-19, di mana fase-fase yang harus dilalui dilakukan secara paralel,” jelasnya.

Pakar kesehatan ini pun mengungkapkan, sebagian besar masyarakat sudah mempercayai dan mengakui kegunaan vaksin. Namun, masih ada sejumlah masyarakat yang meragukan keamanan vaksin Covid-19 yang masih dalam proses pengujian.

“Masyarakat harus pandai memastikan informasi yang benar. Hal yang tidak masuk akal, harus kita tinggalkan. Terutama harus hati-hati untuk membagikannya dengan orang lain,” tuturnya

“Namun, kita tetap harus melakukan perilaku 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman) secara disiplin, sampai akhir pandemi nanti,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *