by

Tunda Pelaksanaan IYC 2021, Ini Alasan Gubernur DKI Jakarta

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menangguhkan seluruh kegiatan olahraga dan budaya yang melibatkan orang asing serta melibatkan banyak orang. Keputusan ini diambil untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19, yakni Omicron.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, keputusan tersebut merujuk kepada pemerintah pusat yang memutuskan mencegah penyebaran varian baru Covid-19, Omicron. Dalam putusan itu dengan menjaga ketat perbatasan, kegiatan dari luar negeri serta membatasi kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

“Lebih baik mencegah kebocoran sekecil apa pun sejak dini hingga kita semua memastikan Omicron terkendali,” ujar Anies dalam keterangannya di Jakarta Sabtu (4/12/2021).

Dia menuturkan, kewaspadaan terhadap Covid-19 tidak boleh dikendurkan. Terutama, kata dia setelah adanya berita perkembangan Covid-19 varian Omicron di luar negeri.

Menurutnya, perkembangan situasi tersebut, rangkaian pelaksanaan turnamen Indonesia Youth Championship (IYC) 2021 pada 4-11 Desember, termasuk agenda peluncuran awal atau soft launching Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara ditangguhkan.

“Kami meminta kepada Pancoran Soccer Field untuk menangguhkan seluruh rangkaian pelaksanaan turnamen IYC 2021, sampai situasi pandemi dan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron lebih terkendali,” ucapnya.

Selain itu dia juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan IYC 2021, mulai dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kementerian terkait, Pemprov Bali, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang terlibat dan berbagai pihak lainnya.

“Penagguhan ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan dari semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan IYC 2021 dan soft launching JIS, termasuk masyarakat Jakarta dan Indonesia agar situasi secara keseluruhan dapat terus dikendalikan,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *