HarianNasional.Com

Tugaskan Menteri Tindaklanjuti Hasil KTT G20

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tugas khusus kepada sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Kepala Negara memerintahkan mereka untuk menindaklanjuti hasil konkret dari penyelenggaraan KTT G20.

Ia meminta agar pembentukan gugus tugas (task force) segera dilakukan untuk menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang diraih selama G20. Hal itu disampaikan Presiden dalam arahan Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan KTT G20 di Kantor Presiden, Senin (28/11/2022).

“Berkaitan dengan hasil yang konkret saya kira juga betul-betul ini yang paling penting agar segera ditindaklanjuti. Dengan membentuk task force untuk menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan,” kata Presiden.

Presiden memaparkan, setidaknya ada 226 proyek yang bersifat multilateral dengan nilai mencapai USD238 miliar. Selain itu ada 140 proyek yang bersifat bilateral dengan nilai USD71,4 miliar yang perlu segera ditindaklanjuti.

“Ini harus dipastikan. Bahwa semua proyek, program, dan inisiatif ini segera dapat dieksekusi dengan cepat,” ucapnya.

Presiden juga meminta jajarannya untuk mengawal percepatan berbagai komitmen investasi agar bisa terealisasi di lapangan. Antara lain komitmen dari Amerika Serikat melalui skema Partnership for Global Infrastructure Investment sebesar USD600 miliar.

Ada pula USD20 miliar untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis fosil melalui Just Energy Transition Partnership. Kemudian, ada komitmen investasi dari Jepang, Inggris, dan Korea Selatan untuk MRT Jakarta.

Tak lupa kerja sama dengan Turki untuk pembangunan jalan tol Trans-Sumatra dan lain-lainnya. “Saya melihat ini banyak sekali, oleh sebab itu perlu segera ada task force khusus,” ujarnya.

Exit mobile version