by

Tips Sehat Selama Ikuti Pembelajaran Tatap Muka

Jakarta: Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mulai diberlakukan di berbagai daerah.

Hosting Unlimited Indonesia

Mengutip Ruang Guru, berikut tips agar tetap sehat selama mengikuti PTM di sekolah;

1. Bawa bekal dari rumah

Membawa bekal pribadi ini perlu dilakukan karena untuk menjaga kebersihan dan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu siswa juga perlu membawa peralatan makan pribadi. Dengan membawa bekal pribadi, juga lebih menghemat uang jajan. Namun perlu diingat, saat makan bersama teman-teman tetap harus menjaga jarak. Setelah makan siswa perlu mencuci tangan dengan bersih dan kembali menggunakan masker.

2. Sedia masker cadangan dan hand sanitizer

Saat mengikuti PTM terbatas, siswa wajib memakai masker. Untuk berjaga-jaga jika masker yang dipakai basah atau kotor, membawa masker cadangan perlu dilakukan. Bawalah 1-2 masker cadangan untuk diri sendiri atau jika ada teman yang butuh masker baru. Selain itu siswa juga wajib membawa hand sanitizer. Gunakan ketika baru menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain.

3. Membawa alat ibadah pribadi

Agar tidak melewatkan salat saat mengikuti PTM terbatas, bagi siswa Muslim juga perlu membawa alat ibadah pribadi. Hal ini juga penting, karena alat ibadah khususnya yang ada di sekolah berpeluang jadi media penyebaran virus.

4. Jangan lupa membawa alat tulis untuk belajar

Pastikan alat tulis yang dibawa lengkap dan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama belajar di sekolah. Mulai dari pulpen, buku tulis, pensil, mistar, penghapus, jangka, dan lainnya.

5. Surat izin dari orangtua jika diperlukan

Sesuai aturan dari pemerintah, pembelajaran tatap muka terbatas saat ini belum diwajibkan. Beberapa sekolah mungkin juga membutuhkan persetujuan tertulis dari orangtua untuk mengizinkan kembali ke sekolah saat pandemi Covid-19.

6. Pastikan membawa PR

Selama mengikuti PTM terbatas siswa harus mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) dan mengumpulkannya kembali sesuai tenggat yang diberikan guru. Karena bukan sekolah online, mengumpulkan PR jangan sampai terlambat dengan alasan kehabisan kuota internet.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *