by

Tinggal Tunggu Juknis Vaksinasi Booster di Bali

Denpasar: Berbagai persiapan telah dilakukan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyambut pelaksanaan vaksinasi booster covid-19.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, saat ini telah mempersiapkan tenaga vaksinator, pelayanan kesehatan untuk tempat pelaksanaan vaksinasi dan sarana prasarana lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr Nyoman Susila mengatakan, sejauh ini dari segi sarana prasaran dan SDM sudah sangat siap, karena sebelumnya juga sudah melakukan vaksinasi tahap I dan II.

Hanya saja dalam pelaksanaan vaksinasi Booster ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaanya.

“Setelah juknis ke luar baru kita bisa pastikan dan kita memastikan untuk jadwalnya besok (Senin,10/1/2022), karena wacana di luar kalau kita dengar di berita ada yang pakai berbayar ada yang gratis ini yang belum kita ketahui apakah berbayar atau ada yang gratis apa semua bisa gratis, ini yang kami belum tahu, tetapi dari tenaga sudah kami siapkan, jadwal sudah kami siapkan , perbekalan vaksin juga sudah kami siapkan, tinggal menunggu juknisnya saja,” jelas Susila, Minggu (9/1/2022).

Tidak saja kabupaten Tabanan, Pemerintah Kota Denpasar juga menyatakan siap untuk menggelar vaksinasi booster. Hanya saja, masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah prasarana menyambut pelaksanaan vaksinasi booster ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai menyebut, saat ini Pemkot Denpasar sudah menyiapkan tenaga vaksinator dan 40 fasilitas layanan kesehatan untuk pelayanan vaksinasi booster.

Masyarakat diharapkan nantinya dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi booster ini untuk mencegah dampak yang ditimbulkan dari penyebaran Covid-19.

“Dengan vaksinasi ini mampu mencegah kita terpapar dari bahaya virus covid-19, walapun nanti sudah mendapatkan vaksinasi namun prokes harus tetap dilaksanakan dengan disiplin ketika melakukan aktivitas di luar rumah,” harap Dewa Rai.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ke tiga ini, Pemerintah pusat mencanangkan akan dilakukan pada 12 Januari 2022 mendatang. Vaksin ini akan diberikan ke kelompok usia di atas 18 tahun sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Adapun kriteria kabupaten/kota yang bisa melaksanakan vaksinasi dosis ketiga ini adalah memiliki cakupan vaksinasi Covid-19 sebanyak 70 persen untuk suntikan dosis vaksin pertama dan 60 persen dosis vaksin kedua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *