by

Timnas U-19 Bantai Filipina 5-1

Jakarta: Timnas Indonesia U-19 berpesta gol 5-1 saat menghadapi Timnas Filipina U-19 pada lanjutan Piala AFF U-19 2022 Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022) malam WIB.

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 dipersembahkan hattrick Rabbani Tasnim, Alfriyanto Nico dan Razza Fachrezi. Sementara Filipina mencetak gol hiburan dari Justin Laurence.

Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi 8 poin di Grup A Piala AFF U-19 2022, hasil dua kemenangan dan dua kali imbang. Indonesia berada di peringkat tiga, di bawah Vietnam dan Thailand, yang sama-sama sudah mengumpulkan 10 poin.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Myanmar pada Minggu (10/7/2022). Indonesia harus menang, dan berharap Vietnam atau Thailand saling mengalahkan, atau minimal imbang, untuk bisa menjaga asa lolos ke semifinal.

Dua pilar kunci, Marselino dan Ronaldo Kwateh, dicadangkan pelatih Shin Tae-yong. Meski begitu, Indonesia masih bisa bermain menekan.

Gol bisa didapat Indonesia pada menit ke-14, lewat aksi Rabbani Tasnim. Gol dicetak lewat penalti, usai Subhan Fajri dilanggar. Tanpa kesulitan, Rabbani bisa menaklukkan kiper Filipina, Lance Jeter Aquino. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Keunggulan Timnas Indonesia U-19 bertambah pada menit ke-26. Kali ini Alfriyanto Nico yang mencatatkan namanya di papan skor. Meski diapit dua lawan, Nico bisa membobol gawang Filipina lewat sepakan kaki kirinya. Skor menjadi 2-0.

Pada menit ke-29, Filipina bisa mencuri gol ke gawang Indonesia. Berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia dalam mengantisipasi bola, Justin Lawrence bisa meneruskan bola liar di depan gawang dengan sepakan keras. Bolanya masuk ke gawang Indonesia. Skor menjadi 2-1, Indonesia masih unggul atas Filipina.

Dalam posisi itu, Indonesia masih bisa melancarkan tekanan demi tekanan. Sampai akhirnya, Indonesia mendapat penalti keduanya.Zanadin dilanggar di kotak penalti, saat melakukan penetrasi dekat garis. Rabbani kemudian maju menjadi eksekutor lagi, dan bisa menaklukkan kiper Filipina untuk kedua kalinya. Skor 3-1 bertahan sampai jeda.

Meski unggul tiga gol di babak pertama, Timnas Indonesia tidak mengendorkan serangannya. Benar saja, baru empat menit babak dua berjalan, Garuda Nusantara kembali mencetak gol.

Kali ini Rabbani sukses mencatatkan hattrick melalui sundulannya. Sehingga Indonesia unggul 4-1 atas Filipina.

Gol tersebut membuat Timnas Indonesia semakin percaya diri untuk mempertahankan dominasi terhadap Filipina. Alhasil di menit 70, Timnas Indonesia sukses mencetak gol kelimanya.

Adalah Razza, pemain pengganti yang sukes mencatatkan namanya di papan skor. Mendapatkan umpan matang di dalam kotak penalti, Razza yang tidak dikawal ketat oleh bek Filipina sukses melepaskan tembakan yang mengoyak jala sang tamu. Skor berubah menjadi 5-1 untuk keunggulan Indonesia.

Setelah unggul 5-1, permainan intensitas permainan Indonesia mulai menurun. Para pemain terlihat agak kecapaian dan momen ini dimanfaatkan Filipina untuk menekan pertahanan Garuda Nusantara.

Namun meski tampil menekan, namun mereka gagal membuat peluang berbahaya di laga ini. Alhasil hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 5-1 bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Susunan Pemain Kedua Tim

Filipina U-19: Lance; Jaime, Zachary, Cian, Dov; John Dale, Antoine, Justin; Kamil, Andres, Uriel

Pelatih: Christopher Pedimonte

Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Kadek, Ferrari, Marcell, Edgard; Frezy, Ferdiansyah, Zanadin, Subhan, Nico; Rabbani.

Pelatih: Shin Tae-yong.(yg)