by

Tiga PR Kemenkes yang Harus Diatasi, Selain Covid

Jakarta : Selain kasus Covid-19 yang masih menjangkiti masyarakat, masalah kesehatan lainnya yang masih menjadi ‘PR’ Kementerian Kesehatan adalah stunting, angka kematian ibu dan anak.

“Stunting kita itu masih tinggi, di atas 20 persenan. kematian Ibu 7.800an per tahun, kematian anak itu 25.000 per tahun, itu yang mau kita turunkan,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).

Terkait itu, Budi menjabarkan berbagai upaya yang tengah dilakukan Kementerian Kesehatan untuk menurunkan angka stunting serta kematian ibu dan anak.

Budi menyebut, persoalan kematian Ibu meningkat banyak disebabkan oleh hipertensi atau darah tinggi. Untuk itu, dirinya mendorong agar Ibu-ibu harus rajin berolahraga. Kedua karena kekurangan gizi sewaktu hamil dan anemia.

“Olahraga yang cukup supaya hipertensinya turun, kemudian makan yang bergizi sekaligus minum tablet tambah darah untuk putri supaya tidak kurang darah. Tiga program ini harus dijalankan, itu sebabnya kita bikin program Aksi Bergizi sekarang,” ujar Budi.