Thursday, May 6

Tiga Menteri Sepakat Perluas PPnBM DTP

Jakarta: Tiga menteri seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sepakat memperluas penurunan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) akan diperluas.

“Kami bertiga sepakat bahwa kebijakan PPNBM-DTP akan diperluas untuk mobil dengan CC 1500-2500, insya Allah bulan April ini akan diluncurkan,” kata Menteri Agus di akun Instagramnya yang dilihat rri.co.id, Kamis (25/3/2021).

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan saat ini, otoritas fiskal sedang memfinalisasi perluasan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil dengan kapasitas 1.500-2.500 cc.

Dikutip dari kontan.co.id, ia menegaskan kebijakan tersebut rencananya bisa dinikmati pada awal April 2021.

Mengacu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 64/PMK.011/2014 tentang Jenis Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Tata Cara Pemberian Pembebasan Dari Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah, ada dua klasifikasi mobil dengan kapasitas isi silinder 1.500-2.500 cc.

Pertama, mobil untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon dengan sistem 1 garda penggerak (4×2) dikenakan tarif 20%. Kedua, untuk mobil sedan yang mempunyai kapasitas mobil tersebut dibanderol PPnBM sebesar 40%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *