by

Tidak Perlu Diperdebatkan, Kemenkes Minta Aturan Pemberlakuan Masker

Jakarta: Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, meminta masyarakat tidak perlu banyak berdebat mengenai aturan penggunaan masker saat ini.

“Kita tidak usah terlalu banyak berdebat dengan masker, karena sekarang masker menjadi kebutuhan di masa pandemi ini,” ujar Syahril dalam perbincangan Pro 3 RRI, Selasa (12/7/2022).

Ia juga mengatakan, masker merupakan bagian dari protokol kesehatan yang utama untuk memberikan perlindungan. Meskipun sempat landai, tetapi kenaikkan kasus Covid-19 tetap terlihat hingga sampai saat ini.

“Masker ini adalah bagaimana menjadi budaya sehat atau menjadi kebutuhan bagi kita apalagi di pandemi yang belun berakhir ini, kita perlu meningkatkan kedisiplinan, pengetatan prokes salah satunya dengan masker dan juga prokes lainnya,” katanya kembali.

Untuk itu, Syahril berharap masyarakat bisa terus mengikuti atau menerapkan aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah.

Apalagi, mengenai penggunaan masker yang telah di berlakukan kembali oleh Presiden.

“Kalau saat ini kita sudah menyadari, harapannya ayo kita ikuti saja aturan yang ada, karena pandemi ini saat naik kasusnya jadi kita butuh pengetatan,” jelas Syahril.

“Ini situasional, jadi kita tidak harus mempermaslahkan itu karena tujuannya baik, ayo kita ikuti untuk keselamatan bersama,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan dan meminta masyarakat untuk menggunakan masker, baik di dalam maupun luar ruangan.

Hal tersebut disampaikan Presiden usai pelaksanaan salat Iduladha, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022). Menurutnya protokol kesehatan kembali ditegakkan, karena angka kasus Covid-19 yang naik.

“Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa Covid-19 masih ada. Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai masker masih sebuah keharusan,” kata Presiden.