Tewasnya Ajudan Kapolda Kaltara, Kapolri Bakal Usut Tuntas

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bakal mengusut tuntas terkait kasus tewasnya Brigadir Setyo Herlambang (HS), ajudan atau pengawal pribadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Aditya Jaya.

“Saya perintahkan kepada Pak Kapolda, terkait peristiwa yang terjadi, agar betul-betul diusut secara cermat secara tuntas,” ujar Sigit kepada wartawan, Minggu, 24 September 2023.

Sigit pun meminta jajarannya untuk mengusut peristiwa ini dengan mengedepankan investigasi kejahatan ilmiah (scientific crime investigation).

“Manfaatkan scientific crime investigation yang kita miliki, sehingga kemudian hasil-hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” tuturnya.

Sigit pun berujar, sudah mengintruksikan kepada Bareskrim, Puslabfor, serta tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) untuk ikut terlibat dalam pengusutan kasus tersebut.

“Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim, Puslabfor, untuk mendukung, dokter-dokter forensik kami ikut mendukung; sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik dan utamanya ke keluarga. Saya kira Polri selalu transparan,” kata Sigit.

Seperti diketahui, Brigadir Setyo Herlambang, ditemukan tewas di rumah dinas pada Jumat, 22 September 2023 sekitar pukul 13.10 WITA. Setyo tewas diduga akibat kelalaian saat membersihkan senjata api.

Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Budi Rachmat mengatakan korban merupakan anggota Banit 3 Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Kaltara, yang kini sedang diperbantukan sebagai ajudan Kapolda Kaltara.

“Di rumah dinas dalam kamar korban HS ditemukan bersimbah darah dan di sampingnya tergeletak senjata api jenis HS-9 dengan No. Senpi : HS178837 Inventaris Dinas,” kata Budi dalam keterangannya pada Jumat, 22 September 2023

“Hasil pemeriksaan awal tim dokkes Polda Kaltara bahwa korban HS tidak ditemukan denyut nadi,” sambungnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *