by

Terkendala NIK Sebagai Syarat Vaksin, Begini Caranya

Banda Aceh: Untuk mempermudah masyarakat melakukan proses vaksinasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh mengimbau kepada masyarakat setempat untuk melakukan konsolidasi data Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh, Emila Sovayana Senin (25/10/2021) mengungkapkan pihaknya mendapati laporan dan pengaduan terkait adanya masyarakat yang terkendala dalam proses vaksinasi karena data mereka tidak terbaca pada aplikasi Peduli Lindungi.

Hal tersebut menurutnya disebabkan oleh data NIK yang bersangkutan belum online, sehingga tidak bisa terhubung dengan aplikasi terkait. Untuk itu, Emila mengimbau kepada masyarakat yang mengalami kendala serupa agar melakukan konsolidasi data NIK terlebih dahulu.

Konsolidasi data Kata Emila, dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil Kota Banda Aceh atau gerai Disdukcapil yang ada di Mal Pelayanan Publik Banda Aceh. Selain itu, untuk mempermudah masyarakat, pihaknya juga menyediakan layanan pengaduan khusus secara online.

Emila menjelaskan, konsolidasi data NIK ini penting untuk dilakukan, bukan hanya untuk kelancaran proses vaksin tetapi juga mempermudah masyarakat dalam proses administratif lainnya.

Terlebih mengingat kini sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat untuk berbagai aktivitas. Mulai dari bepergian ke luar kota, mengunjungi pusat perbelanjaan, dan sebagai syarat administrasi pendukung lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *