Terjebak Cuaca Buruk di Himalaya, Sembilan Pendaki Asal Bengaluru Tewas

Jakarta – Sembilan pendaki dari Bengaluru di negara bagian Karnataka selatan meninggal di Himalaya India setelah terjebak dalam cuaca buruk. Mereka diketahui sedang menjelajahi dataran tinggi Uttarkashi di negara bagian Uttarakhand utara ketika badai salju datang.

Mereka berada dalam ekspedisi pendakian beranggotakan 22 orang yang dipimpin oleh tiga pemandu lokal dan berangkat dalam pendakian ke Sahastra Tal, yang berada 15.000 kaki di atas permukaan laut.

Menurut Asosiasi Pendakian Gunung Karnataka, yang menyelenggarakan pendakian tersebut, semua korban adalah pendaki berpengalaman. Terlebih asosiasi tersebut telah menyelenggarakan sedikitnya tujuh ekspedisi sukses lainnya bulan ini.

“Mereka kembali ke kamp. Mereka tinggal satu setengah hingga dua jam lagi ketika salju mulai turun pada pukul 2 siang,” kata seorang menteri negara bagian, Krishna Byre Gowda, dilansir dari The Independent, Jumat 7 Juni 2024.

“Pada pukul 4 sore, salju bertambah lebat menjadi badai salju. Pada pukul 6 sore, dua pendaki meninggal karena cuaca buruk,” lanjutnya.

Setelah mendapatkan laporan adanya pendaki yang terjebak cuaca buruk, Angkatan Udara India langsung mengerahkan helikopter untuk membantu operasi penyelamatan dan mengatakan pihaknya berhasil mengevakuasi tiga orang yang selamat dan jenazah lima orang pendaki.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *