Teriaki Anggotanya ‘Polisi Goblok’, ini Cerita Dirlantas Polda Metro Jaya

Jakarta – Mobil patroli polisi dengan teriakan “polisi goblog” karena nyaris menyerempat rangkaian rombongan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman meneriaki Polisi Goblok.

Kini di ketahui, Pengendara mobil patroli itu diketahui merupakan anggota Dirlantas Polda Metro Jaya yang hendak melakukan pengamanan presiden.

“Kemarin sore (Rabu 6 September 2023) pada saat penutupan itu. Jalur kosong tidak ada masalah, kan saya ada di situ, ada video saya di situ,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes M. Latif Usman, dalam keterangannya kepada awak media, (8/9/2023).

peristiwa itu berawal pada saat rombongan delegasi negara Laos baru selesai menghadiri kegiatan di kawasan Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dia menyebut pengendara patroli tersebut tidak sengaja terus melaju hingga nyaris menyerempat rombongan yang membawa PM Laos. Peristiwa ini terekam dan sempat viral di media sosial.

Ketika itu, lanjut Latif, mobil patroli hendak masuk ke dalam Jenderal Sudirman. Namun sayangnya, yang bersangkutan tidak melihat ada rombongan delegasi Laos.

Sehingga mereka nyaris menyerempat rangkaian delegasi Laos. Mereka sendiri hendak menjalan tugas mengamankan Presiden Joko Widodo.

“Dia memang terburu-buru karena punya tangung jawab karena mau mengamankan jalur presiden kita. Dia sudah kita tegur sudah kita hentikan saya ingatkan,” kata Latif.

Menurut Latif, setelah kejadian itu dia langsung menegur, dan anggotanya itu mengaku tengah terburu-buru melakukan pengamanan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian mereka pun menyampaikan permintaan maaf dan langsung melanjutkan tugasnya mengamankan Joko Widodo di tempat lain.

“Karena dia memang mau mengamankan buru buru mau ngejar mengamankan Presiden,” jelas Latif.

Kombes Latif Usman juga menyebutkan tidak ada rekayasa lalu lintas (lalin) pada Jumat (8/8/2023) karena kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta sudah usai. Diketahui, rekayasa lalin telah mengakibatkan kemacetan parah di beberapa ruas jalan di Jakarta.

“Iya sudah selesai, enggak ada rekayasa, nanti kita tinggal mengantar kepulangan mereka dari akomodasi ke bandara saja,” kata Latif saat dikonfirmasi, Kamis (7/9/2023).

Latif menjelaskan lalu lintas di Jakarta akan kembali normal namun tetap ada pengaturan khusus. “Normal kembali. Tapi ada pengaturan-pengaturan nanti tinggal prioritas tamu (delegasi) yang akan ke bandara saja, ” jelasnya.

Indonesia menyerahkan tongkat estafet Keketuaan ASEAN kepada Laos setelah Jakarta resmi menyelesaikan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa (KTT ASEAN) 2023 dan KTT lainnya di Jakarta, Kamis.

Serah terima Keketuaan dilakukan Presiden Joko Widodo kepada Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone dalam upacara penutupan KTT ASEAN 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa KTT ASEAN 2023 yang digelar selama tiga hari itu menghasilkan 90 dokumen dan sejumlah kesepakatan konkret dengan negara mitra. Jokowi menyebut peserta KTT ASEAN 2023 juga menunjukkan optimisme dan energi yang positif selama kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu.(republika)

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *