by

Tempat Usaha Langgar Aturan PPKM Membahayakan Ekonomi

Jakarta: Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menilai pelanggaran yang dilakukan tempat-tempat usaha yang melanggar ketentuan PPKM Level 3 dapat membahayakan perekonomian yang kini mulai bergerak.

Hosting Unlimited Indonesia

“Bila tempat-tempat itu melannggar, itu menakutkan bagi semua pelaku ekonomi,” tutur Anies di Balaikota Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Anies menjelaskan, ketika pelanggaran ketentuan PPKM terjadi maka potensi penularan virus Covid-19 diantara pengunjung muncul.

Bila sudah demikian maka resiko Ibukota kembali menghadapi gelombang ketiga lonjakan kasus Covid-19 pun terbuka.

“Karena disitulah potensi penularan dan potensi munculnya gelombang ketiga, disitu kita harus hadapi gelombang seperti-seperti kemarin,” jelasnya.

Sehingga ia mengajak masyarakat untuk melihat pelanggaran tidak sekedar administrasi saja. Tapi lebih daripada itu yang dilakukan salah satunya Holywings di Kemang, Jakarta Selatan sudah mengkhianati usaha jutaan orang dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sehingga ia meminta agar tempat-tempat usaha yang sudah diperbolehkan beroperasi melindungi para pengunjungnya. Hal itu agar penularan tidak terjadi dan perekonomian terus membaik di situasi Pandemic Covid-19 saat ini.

“Jadi tempat-tempat yang boleh melakukan kegiatan itu harus melindungi pengunjung dan warga Jakarta,” pintanya.

Kini izin resto dan bar tersebut, lanjut Anies juga telah dibekukan selama pandemi Covid-19 karena tiga kali kedapatan melanggar ketentuan PPKM.

Di sisi lain pihaknya juga tengah menyiapkan suatu sistem untuk memberikan sanksi terhadap para pelanggar protokol kesehatan di masa PPKM Level 3. Sehingga kedepan tidak hanya pengelola tempat usaha saja yang menerima sanksi tapi mereka setiap individu yang ikut melanggar protokol kesehatan di tempat itu.

Menurutnya, sistem ini berbasis teknologi dan nantinya mereka individu yang ikut melanggar prokes ini akan masuk daftar hitam sehingga tak bisa datang ke tempat-tempat publik dalam batas waktu tertentu.

“Jadi sekarang sedang disiapkan teknologinya. Kalau anda berada di tempat yang sudah pelanggaran, sebelum ke luar anda di scan lalu masuk dalam blacklist, orang yang bisabs pergi ke mana-mana nanti, karena ke manapun anda pergi anda akan ditolak karena anda ikut rame-rame melakukan pelanggaran,” tambahnya melengkapi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *