by

Tempat Istirahat, Jasa Marga Batasi Waktu Penggunaan

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, target pemimpin perempuan di perusahaan BUMN mesti tembus 25 persen pada 2023 mendatang.

Ia menegaskan, angka tersebut target mutlak dan tidak dapat ditawar lagi.

“Kepemimpinan perempuan itu tidak hanya program individu PMN, BRI, Pegadaian, tapi ini policy (kebijakan) dari kementerian bahwa harus tercapai target 25 persen pimpinan wanita di BUMN di tahun 2023,” kata Erick usai BRI WOMAN Wonderful and Magnificent 2022 di Sentul International Convention Centre, Kamis (21/4/2022).

Ia menekankan, upaya ini merupakan bukti keberpihakan perusahaan pelat merah terhadap perempuan.

Erick kembali mengingatkan, bahwa sejumlah posisi strategis BUMN yang telah diisi oleh perempuan.

“Kita tidak tanggung-tanggung. Bagaimana contoh keberpihakan sekarang, berapa banyak Dirut perempuan, berapa banyak jajaran direksi perempuan? Tadi Pak Sunarso bilang di BRI saja (posisi) BOD-1, walaupun targetnya akhir 2023, sekarang di BRI saja sudah 23 persen perempuan. Ini keberpihakan tanpa negosiasi,” paparnya.

Adanya kebijakan ini, bukan berarti mendikte perusahaan pelat merah.

Ia mewujudkan ini dengan memberikan wewenang kepada Forum Human Capital Indonesia BUMN, yang diketuai oleh seorang perempuan.

“Kita hanya policy, karena itu kita (menggunakan) sistem mirroring, (layaknya) kaca, berhadapan. Dimana forum human capital yang terdiri dari para direksi BUMN yang harus meningkatkan kapabilitas dengan training-training. Ada training CFO, ada training CEO, ada training komisaris,” katanya.

Erick Thohir menegaskan akan mendorong target ini tercapai di tubuh BUMN.

Tentunya dengan dinahkodai juga oleh pimpinan FHCI BUMN Alexandra Askandar.

“Kita lakukan itu dan pimpinannya siapa? Ibu Alexandra, perempuan. Itu kita dorong. Nah, program-programnya banyak sekali yang memang masing-masing BUMN melakukan tadi kegiatan yang mereka lakukan. Tetapi tentu targetnya (perlu dicapai),” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.