Tembus Rp75 Triliun, Bank Indonesia Catat Penukaran Uang untuk Lebaran

Jakarta – Mendekati lebaran tahin 2024, Bank Indonesia (BI) mencatat, hingga tanggal 27 Maret 2024, total penukaran uang baru untuk kebutuhan Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah sudah tembus angka Rp75 triliun.

Jumlah tersebut hampir menyentuh 38 persen dari total uang layak edar (ULE) yang disiapkan BI.

“Sampai dengan hari kemarin (Kamis, 27 Maret), jumlah yang sudah keluar itu sebesar Rp 75 triliun dari Rp 197,6 triliun. Jadi hampir 38 persen,” ujar Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim, dikutip Jumat, 29 Maret 2024.

Marlison memprediksi, puncak penukaran uang akan terjadi pada akhir Maret hingga awal April, atau mendekati Lebaran 2024.

Karena itu, tutur Marlison, bank sentral akan memperbanyak uang layak edar jika minat masyarakat untuk menukar masih tinggi.

“Kita akan lihat nanti animonya banyak kita lihat. Kalau perlu ditambah, kita tambah,” kata dia.

BI sebelumnya telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp197,6 triliun untuk penukaran uang baru menjelang Lebaran 2024. Jumlah itu naik 4,65 persen dari tahun lalu, yang hanya sebesar Rp189 triliun.

Adapun penukaran uang berlangsung mulai 15 Maret hingga 5 April 2024, yang diedarkan di 4.264 titik layanan penukaran perbankan di tempat-tempat umum.

“BI sendiri telah membuka layanan penukaran secara mandiri. Yaitu pertama penukaran secara reguler di tempat-tempat keramaian seperti di pasar,” kata Marlison.

Masyarakat yang ingin menukar uang diimbau untuk membuka aplikasi PINTAR, guna mengetahui lokasi penukaran uang BI yang tersebar di ribuan titik di Indonesia dengan penukaran uang maksimal Rp4 juta.

Selanjutnya Silakan Baca Berita Kami Di GoogleNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *