by

Tekan Angka Pengangguran, Pemerintah Lakukan Pelatihan Calon Pekerja

Jakarta: Pemerintah melakukan pelatihan bagi para calon pekerja guna menekan angka pengangguran di Indonesia. Hal itu disampaikan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Anwar Sanusi.

Selain itu, pelatihan ini juga untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di dunia kerja. “Mulai dari pelatihan-pelatihan yang kita berikan betul-betul pelatihan sesuai dengan kebutuhan dari lapangan kerja,” katanya dalam dialog Pro3 RRI, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya, program penguatan atau transformasi akan dilakukan melalui balai-balai pelatihan vokasi. Kemnaker juga memiliki balai pelatihan vokasi, baik yang dikelola pemerintah pusat maupun daerah.

Dia memastikan, Kemenaker akan memberikan informasi terkait dengan ketersedian lapangan kerja. Termasuk informasi pelatihan yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan saat ini.

“Kita akan melakukan training of trainer sebagai bagian untuk memberikan bekal kepada para pelatih. Hal itu, agar mereka bisa menjalankan tugas untuk mengembangkan kapasitas para peserta pelatihan kita,” jelasnya.

Selain itu, Kemnaker juga akan melakukan perluasan kesempatan kerja secara inklusif dan berkualitas. Di mana pelatihan bagi semua kelompok, termasuk penyandang disabilitas.

“Ini yang sednag kita dorong. Termasuk juga bagaimana kita menyiapkan kesempatan untuk bekerja bukan hanya didalam negeri tetapi juga diluar negeri,” ujarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *