by

Tangkap Dua Pria, Polres Boven Digoel Sita Bersenjata Api

Boven Digoel: Aparat Kepolisian Resor Boven Digoel berhasil mengamankan dua warga Yahukimo berinisial MK dan AH pada Rabu (18/1) lalu. Kedua ditangkap lantaran membawa senjata api laras panjang beserta amunisinya.

Adapun bukti barang yang diamankan dari pelaku oleh tim khusus Polres Boven Digoel berupa, empat pucuk senjata api laras panjang. Serta 18 butir peluru kaliber 12 ga, dan uang tunai sebesar 3.000.000 rupiah.

Tersangka kedua berinisial MK dan AH berhasil di amankan kepolisian, di pelabuhan Iwot kampung Sokanggo distrik Mandobo. Yang direncanakan akan melanjutkan perjalanan menuju Yahukimo menggunakan kapal pesiar.

Dari hasil interogasi yang dilakukan pihak kepolisian terhadap dua tersangka itu, 4 pucuk senjata api beserta amunisi yang mereka miliki tersebut merupakan hasil transaksi jual beli senjata dari PNG. Untuk dibawah ke wilayah Yahukimo dan Pegunungan Bintang melalui jalur sungai.

Kapolres AKBP I Komang Budiartha SIK dalam keterangan persnya mengatakan, peristiwa itu terjadi atas laporan masyarakat. “Ya ada laporan masyarakat kepada pihak aparat, di Iwot ada sekelompok orang sedang pesta miras, pihak kami pun merespon dan menuju lokasi,” katanya.

“Saat dalam perjalanan aparat curiga kepada lima orang yang saat itu ada di lokasi Iwot dan langsung dilakukan pemeriksaan. Tiga orang berhasil melarikan diri menggunakan kapal cepat menuju pantai Digoel, sementara dua orang berhasil diamankan beserta barang buktinya,” katanya.

Mengenai motif dan jaringan kemana senjata yang dituju, Polres Boven Digoel belum dapat memastikan, selanjutnya keduanya MK dan AH, serta bukti barang akan melimpah ke Polda Papua untuk memperdalam penyelidikan. Dalam kasus ini tersangka akan dijerat Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 Ko, Pasal 55 KUHP.

Atas kejadian ini Kapolres mengimbau masyarakat tetap tenang, karena kedua tersangka tersebut berasal dari Yahukimo sudah diamankan pihak kepolisian. Dia juga akan meningkatkan pengamanan di wilayah Boven Digoel.

“Saya mengajak masyarakat tetap tenang, jika menemukan hal yang mencurigakan dapat segera melapor. Dan kami juga akan meningkatkan patroli gabungan TNI, Polri dan juga pemerintah dalam hal ini Satpol PP,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *